Kapolri: Teroris Solo Jaringan Kelompok Baru

Penggerebekan Terduga Teroris di Klaten
Sumber :
  • Antara/Hasan Sakri Ghozali

VIVAnews - Kapolri Jenderal Timur Pradopo mengatakan  tiga terduga teroris di Solo berasal dari kelompok baru. Berdasarkan penyelidikan sementara ketiganya diketahui menyelundupkan senjata api dan amunisi dari Filipina.

"Ini kelompok jaringan baru. Saya juga kaget karena usia pelaku S dan M (tewas ditembak) masih sangat muda yakni 19 tahun," kata Timur saat memberikan keterangan pers di Mapolresta Solo, Sabtu 1 September 2012.

Meski begitu, kata Timur, polisi akan terus melakukan pengembangan apakah ketiga terduga teroris ini memiliki keterkaitan dengan jaringan kelompok lama. "Itu pasti akan kita dalami lagi dari keterangan tersangka berinisial B yang berhasil ditangkap hidup-hidup," ujarnya.

Semalam, Densus 88 telibat baku tembak dengan tersangka penyerangan Pos Polisi Singosaren, Jalan Radjiman, Solo. Dalam baku tembak yang terjadi di Jalan Vetaran, dua tersangka tersangka dan satu anggota Densus, Bripda Suherman, tewas.

Di lokasi lainnya, Anggota Densus 88 juga berhasil menangkap hidup-hidup satu tersangka lainnya berinisial B. Dari tangan tersangka di lokasi penangkapan Bulurejo, Godangreji, Karanganyar, petugas menyita sepucuk pistol Pietro Baretta buatan Italia, 43 peluru kaliber 99 mm merk Luger, tiga magazen, dan 9 holopoint CBC.

Jelang Lebaran, RI Impor 22.500 Ton Beras dari Kamboja

Sebelumnya, Kepala Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Ansyad Mboi mengatakan jaringan Solo ini terkait dengan jaringan besar teroris di Indonesia dan Filipina.

Sejumlah barang bukti yang ditemukan memperkuat dugaan ini. "Dari fakta, jenis peluru yang digunakan, identik dengan peluru yang digunakan jaringan lainnya," katanya.

Presiden KSPSI Andi Gani Nena Wea

KSPSI Bakal Bangun Pusdiklat Terbesar di RI, Andi Gani Pede Selesai 1,5 Tahun

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Seluruh Indonesia (KSPSI) Andi Gani Nena Wea mengajak seluruh anggota KSPSI untuk bergotong royong membangun Pusdiklat KSPSI.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024