NASIONAL

Komnas HAM: Kepolisian Paling Banyak Diadukan

Ada 1.420 berkas pengaduan, paling banyak tentang masalah penyidikan.

ddd
Kamis, 30 Agustus 2012, 14:58
Polri paling banyak diadukan ke Komnas HAM
Polri paling banyak diadukan ke Komnas HAM (Antara/Ahmad Subaidi)

VIVAnews - Laporan Pertanggungjawaban Publik Komnas HAM periode 2007-2012 memaparkan bahwa berdasarkan data pengaduan, beberapa lembaga atau instansi pemerintah yang banyak diadukan antara lain kepolisian, kejaksaan, dan lembaga peradilan, dan TNI.

Diantara  keempat lembaga tersebut, kepolisian merupakan lembaga atau instansi pemerintah yang paling banyak diadukan.

"Pengaduan yang paling banyak diterima adalah kepolisian sebanyak 1.420 berkas yang terdiri dari 1.018 berkas pengaduan tentang penyidikan, 214 berkas pengaduan tentang kekerasan polisi, dan 118 berkas pengaduan tentang dasar hukum penahanan yang dilakukan oleh kepolisian selaku penyidik," demikian kutipan LPJ Komnas HAM periode 2007-2012 yang dirilis hari ini, Kamis 30 Agustus 2012.

Selanjutnya, pengaduan terbanyak kedua adalah tentang lembaga peradilan, sebanyak 338 berkas pengaduan.

Pengaduan terbanyak ketiga adalah yang berkaitan dengan TNI sebanyak 214 berkas, terdiri dari 64 berkas pengaduan tentang sengketa tanah antara TNI dan warga sipil, 48 berkas pengaduan tentang kekerasan yang dilakukan anggota TNI, dan 35 berkas pengaduan tentang sengketa rumah dinas antara TNI dan penghuni (purnawirawan, janda, atau anak purnawirawan TNI).

Sedangkan pengaduan yang berkaitan dengan kejaksaan sebanyak 85 berkas pengaduan yang melibatkan jaksa maupun pegawai kejaksaan baik di kejaksaan negeri, kejaksaan tinggi, maupun kejaksaan agung.

"Pengaduan terbanyak berkaitan dengan aparat kepolisian dan lembaga peradilan. Ini menunjukkan bahwa kedua lembaga tersebut paling banyak berhubungan secara langsung dengan masyarakat bailk dalam bidang keamanan maupun proses hukum," demikian kutipan LPJ Komnas HAM tersebut.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id