September Uji Kelayakan Komisioner Komnas HAM

Rapat paripurna DPR RI.
Sumber :
  • ANTARA/Yudhi Mahatma

VIVAnews – Komisi III Bidang Hukum DPR baru bisa menggelar uji kelayakan komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia pada pertengahan September 2012. Padahal masa kerja komisioner Komnas HAM akan berakhir hari ini, Kamis 30 Agustus 2012.

“Jadwal fit and proper test komisioner Komnas HAM pada minggu kedua September,” kata anggota Komisi III DPR Saan Mustofa di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta. Ia menjelaskan, uji kelayakan komisioner Komnas HAM tak dapat langsung dilakukan karena DPR saat ini masih menerima dan menyaring masukan dari masyarakat.

Untuk menerima masukan rakyat saja, menurut Saan, sudah membutuhkan waktu dua minggu. Namun untuk mencegah kevakuman pada jeda periode sebelum komisioner Komnas HAM yang baru terpilih, Komisi III sudah memutuskan agar masa jabatan komisioner Komnas HAM saat ini diperpanjang melalui peraturan perundang-undangan.

“Komisi III sudah menetapkan sebagian besar masa jabatan komisioner ini harus diperpanjang menggunakan Peraturan Perundang-undangan. Komisi III akan meminta pimpinan DPR untuk menyampaikan surat permohonan perpanjangan ini ke pemerintah,” ujar Saan. (eh)

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi
Cawapres Gibran

100 Ribu Pendukung Prabowo-Gibran Bakal Demo di Gedung MK, Begini Pesan Cawapres Terpilih

Peserta aksi diminta tidak mengganggu masyarakat di sekitar lokasi demo.

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024