NASIONAL

Ini Senjata Canggih Pabrikan Pindad

PT Pindad memproduksi sejumlah alutsista para penegak hukum.

ddd
Rabu, 29 Agustus 2012, 12:20
Senapan Serbu atau SS1 produksi PT Pindad
Senapan Serbu atau SS1 produksi PT Pindad (PT Pindad)

VIVAnews - Irak dan Uganda memesan senjata buatan Indonesia. Salah satu perusahaan yang akan memasok kebutuhan dua negara tersebut adalah PT Pindad.

Dalam situs resmi perusahaan pelat merah tersebut, sejumlah senjata hasil pabrikannya diurai satu persatu, mulai dari pisau komando, senapan mesin, sniper, hingga senapan serbu.

Berikut beberapa senjata api yang diuraikan dalam situs tersebut:

P2 dan P3 Pindad
Keunggulan unit ini adalah bentuk yang kompak, berkemampuan dan daya tahan yang tinggi. Pistol jenis ini  jadi preferensi dari berbagai kalangan pengguna. Amunisi yang digunakan adalah cal 9 x 19 mm.

Pindad juga memproduksi P3 atau pistol double action yang dirancang dengan bentuk yang ergonomik dan menggunakan intercept notch dan hammer block yang memungkinkan akurasi tinggi dalam menembak.

Pindad menjamin P3 dibuat dari bahan-bahan berkualitas tinggi untuk menjamin ketepatan dan akurasi, kedua pistol tersebut dapat digunakan baik untuk single maupun double action.

Dilengkapi asesoris alat bidik, red dot, laser sight dan tactical light. Tersedia 2 tipe yaitu tipe P2 dengan caliber 9 x 19 mm untuk militer dan tipe P3 dengan caliber 7,65 x 17 mm untuk penegak hukum dan perlindungan pribadi.

Senjata Jagawana

Senjata ini khusus didesain untuk kepentingan polisi hutan. Pindad membuatnya berdasarkan senjata PM1 yang disesuaikan dengan kebutuhan aparat penegak hukum di lingkungan kehutanan.

Revolver
Revolver R1 memiliki silinder dengan kapasitas 6 peluru. Terbuat dari bahan baja paduan yang menjamin kehandalan. R1 juga dilengkapi dengan pengaman penembakan.

Unit ini dapat ditembakan dengan single dan double action, serta mempunyai bentuk yang compact dan ringkas sehingga mudah bagi pengguna untuk membawanya sehari-hari. Tersedia dalam 2 tipe masing-masing dengan dengan panjang laras 2 " dan 4. "

Revolver ini sesuai untuk aparat penegak hukum yang memerlukan kehandalan, ketetapan, dan kekuatan.  Ringkas, ringan, daya tahan dan ketepatan dari senjata ini menjadikannya ideal untuk digunakan untuk penegak hukum.

SAR-2
Senapan laras licin SAR-2 digunakan untuk menembakan amunisi gas air mata maupun karet kaliber 38 mm. Pindad telah mengembangkan berbagai produk khusus penegak hukum, khususnya untuk anti huru-hara dan alat pelindung diri bagi penegak hukum, meliputi senapan laras licin SAR-1 dan SAR-2, pistol isyarat P1, adapter pelontar granat PGT, borgol, helm tongkat, tameng, dan rompi.

Hotgun Professional Magnum
Senjata penegak hukum dengan kecepatan dan ketepatan tinggi. Senjata ini memiliki bobot 2,85 kilogram.

Senapan Mesin

Jenis ini ada dua tipe, yakni SPM2-V1 Kal. 7.62 x 51 mm dan SPM2-V2 Kal. 7.62 x 51 mm.

SPM2-V1
Senapan mesin sedang SPM2-V1 dengan inovasi desain laras beratur mampu tahan hingga lebih 3575 tembakan tanpa dibersihkan. Kehandalan bahan laras EN 26 dengan proses swaging dan bagian dalam dilapisi hard chroom membuat umur pakai lebih lama dibanding senjata sejenis lainnya. Dilengkapi tripod yang mampu memutar sebaran hingga 64 dan sebaran dalam +7,5 hingga -7,5 dibuat dengan konstruksi yang ringan, mudah dioprasikan.

SPM2-V2
Senapan mesin ringan SPM2-V2 dengan inovasi desain laras beralur mampu tahan hingga lebih 3600 tembakan tanpa dibersihkan. Umur pakai unit ini pun tergolong lama dibandingkan jenis lain.

Pelontar Geranat

SPG1 dirancang khusus dengan tampilan laras lebih pendek dan sangat cocok untuk tugas tugas penyamaran. Senapan pelontar Granat SPG1 kal. 40 mm dengan daya dobrak tinggi untuk sasaran area. Rumah mekanik terbuat dari alumunium pilihan dengan proses machining menjadikan senjata ringan. Laras unit ini diproses hard anodaizing untuk menambah kekuatan umur pakai. Cara bongkar pasang yang cukup mudah.

Senapan Serbu (SS1 dan SS2)
SS1 adalah senapan serbu kaliber 5,56 x 45 mm yang memiliki akurasi tinggi dan handal dengan menggunakan popor lipat sehingga fleksibel untuk digunakan sesuai kebutuhan di segala medan.

Senjata ini dapat dilengkapi dengan berbagai aksesoris, antara lain silencer, telescope, sangkur, berbagai tipe pelontar granat, dan lain-lain. Senapan ini juga telah dikembangkan menjadi berbagai tipe sesuai dengan medan operasi, yaitu tipe standar, marinized, dan raider, baik untuk laras panjang, karaben maupun laras pendek.

Tipe Marinized dikembangkan khusus untuk marine condition dan swap condition, sedangkan tipe raider dikembangkan untuk medan tempur khusus.

Pindad juga mengembangkan generasi terbaru dari senapan serbu dengan nama SS2. Kaliber peluru unit ini sama dengan pendahulunya, 5,56 x 45 mm dengan laras kisar 7".

Ringan, handal, dan memiliki akurasi tinggi, dengan menggunakan popor lipat sehingga fleksibel untuk digunakan sesuai kebutuhan. Senjata ini dapat menggunakan mechanical maupun optical sight. Senapan ini juga telah dikembangkan menjadi berbagai tipe laras panjang dan laras pendek, baik dengan menggunakan mechanical maupun optical sight, sesuai dengan kebutuhan operasi. (eh)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
hansip_neraka
26/12/2012
coba fren browsing SPR-SS234 kaskus,, ckckckckckck,,markotobh indonesiaku
Balas   • Laporkan
jackass_cool
01/09/2012
mamamia...grazie PINDAD bellisimmo..
Balas   • Laporkan
akbarhamdani
30/08/2012
ini adalah indikasi bahwa RI semakin siap menuju kemandirian industri keamanan nasional.
Balas   • Laporkan
madmaulana
30/08/2012
Ternyata senjata" kita tidak kalah hebatnya dengan senjata" luar, semoga ini bisa menjadi momentum perkembangan industri pertahanan domestik Indonesia. Mari cintai produk" dalam negeri!
Balas   • Laporkan
donilesmana
30/08/2012
ternyata produk senjata buatan pindad tidak kalah canggih dengan buatan luar, bahkan senjata kita juga diminati oleh negara-negara lain. hebat!
Balas   • Laporkan
anabellarasati
30/08/2012
ini merupakan awal dari kemajuan persenjataan untuk pertahanan Indonesia. dengan ini, INdonesia bisa bergantung pada produksi dalam negeri dan terus meningkatkan kualitas persenjataan Indonesia
Balas   • Laporkan
abigail.feodora
30/08/2012
dengan adanya revitalisasi industri pertahanan ini, kita bs mengurangi impor senjata dan berbangga menggunakan produk dalam negeri dgn kualitas bagus. malah bs meningkatkan ekspor krn senjata2 buatan PINDAD sgt diminati keakuratannya oleh negara2 lain
Balas   • Laporkan
asmadiyanti
30/08/2012
mantap! Indonesia bisa lanjutkan ini untuk bisa membuat yang lebih bagus hingga bisa menyamai produk Jerman dan negara-negara lain yang selama ini jadi tujuan pembelian Indonesia.
Balas   • Laporkan
romeo1
29/08/2012
SS1 & SS2 emg bgus, uda teruji jg di perbagai lomba di asia pasifik. Untuk senapan runduknya/sniper jg bgus, di gunakan Koppasus di perbagai lomba & sdh srg juara. Panser Anoa 4x6 jg mantab.
Balas   • Laporkan
bambang6274
29/08/2012
hebat juga senjata SS 1 - 2 buatan Pindad. saya pernah mencobanya. Jadi Ketawa melihat sejata buatan Malaysia VITA-Berapi.... Maju terus Indonesia!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com