Kapolri: Tersangka Sampang Berinisial R

Korban kerusuhan di Desa Karanggayam Omben Sampang Jatim
Sumber :
  • ANTARA/Saiful Bahri

VIVAnews - Polri menetapkan satu tersangka dalam kerusuhan di Sampang, Madura, Jawa Timur. Tersangka tersebut berinisial R.

"Ada delapan orang yang diamankan, satu orang kami tetapkan tersangka, inisial R. Tujuh orang lainnya masih terus didalami," kata Kapolri Jenderal Timur Pradopo, usai pertemuan antara pemangku kebijakan terkait Sampang di Surabaya, Jawa Timur.

Timur menyebut bentrok yang terjadi Minggu 26 Agustus itu berlangsung cepat. Dimulai dari sejumlah pemuda yang akan berangkat sekolah, kata Timur, kemudian dicegat oleh sekelompok pemuda lainnya hingga berlanjut bentrok massal.

Keterangan Kapolri ini, juga memastikan soal informasi yang menyebut peristiwa berdarah berawal pencegatan sekelompok pengendara motor terhadap keluarga Tajul Muluk, pimpinan Syiah Sampang, yang akan menjenguk Ustad Tajul sekaligus berhalal bihalal di Lapas Sampang.

"Peristiwa ini, terus kita periksa secara detail. Ini masih tahap proses menuju tindakan lebih lanjut. Dan kita berharap masalah ini cepat selesai. Sehingga proses hukumnya bisa dilakukan secara tegas dan adil," jelas Timur.

Hadir dalam pertemuan membahas kasus Sampang semalam antara lain Forum Pimpinan Daerah (Forpimda) Jawa Timur, Muspida Jatim, Kapolri, Menteri Pertahanan, Menteri Dalam Negeri, dan lainnya. Dalam pertemuan tersebut dipastikan korban tewas dalam inisiden ini berjumlah dua orang.

"Untuk data detailnya bisa tanyakan ke Polda Jawa Timur," kata Kapolri Timur. Sementara tiga orang luka serius, dan lainnya luka di kepala akibat lemparan batu dan bom molotov.

Sebelumnya, Gubernur Jatim Soekarwo juga menyebut Kapolsek Omben, AKP Aris Dwi terluka karena kena lemparan benda keras.

Akibat peristiwa Minggu pagi 26 Agustus 2012 itu, versi Gubernur Jatim Soekarwo 27 rumah di 20 titik lokasi di Desa Karang Gayam, Kecamatan Omben dan Desa Bluuran, Kecamatan Karang Penang, Sampang, Madura dibakar. Dua nyawa melayang dan puluhan lainnya luka-luka akibat lemparan batu dan benda keras lainnya.

Ulang Tahun ke-40, Vicky Prasetyo Ungkap Harapan Ingin Segera Menikah
Polisi datangi lokasi kecelakaan di Jalan Raya Citayam

Adu Banteng Pick Up Dengan Dua Motor di Citayam, Seorang Meninggal Dunia

Kecelakaan adu banteng, antara mobil pick up dengan dua sepeda motor, pada Jumat dini hari tadi, 19 April 2024, menimbulkan korban jiwa. Kecelakaan di Jalan Raya Citayam.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024