Tahun Depan, Seluruh Kereta Ekonomi Pakai AC

Penumpang Kereta di Stasiun Senen
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - PT Kereta Api tengah menyiapkan kereta ekonomi yang menggunakan pendingin ruangan atau ber-AC. Diharapkan pada tahun depan tak ada lagi kereta ekonomi yang panas. "Ini semua agar arus mudik kereta ekonomi pada tahun depan sudah menggunakan AC," kata Kepala Stasiun Senen, Jakarta Pusat, Mateta, di kantornya, Minggu 26 Agustus 2012.

Mateta mengatakan sesudah arus mudik kali ini, rangkaian kereta api ekonomi, khususnya kereta tambahan akan dimasukkan dalam tempat perawatan dan pemeliharaan. "Kami berharap tahun depan semua sudah ber-AC," ujar Mateta.

Untuk tarif, pastinya akan ada penyesuaian, namun tetap mengacu pada ketentuan tarif ekonomi. "Pasti ada rupa ada pula harga," katanya.

Saat ini PT Kereta Api telah mengubah pola pemberhentian kereta. Jika sebelumnya setiap kereta ekonomi berhenti di tiap stasiun, sekarang ini berbeda. Kereta tetap jalan di stasiun-stasiun tertentu, seperti di Cikampek dan Bekasi. "Hal ini untuk meminimalisasi penumpang yang tak punya tiket," katanya.

Mateta mengatakan saat ini stasiun-stasiun tidak bisa disterilkan, karena itu langkahnya meminta semua penumpang naik melalui Stasiun Senen.

Mengenai kereta tambahan, Mateta mengatakan PT Kereta Api masih menyiagakan. Namun penyiagaan ini masih melihat permintaan dari daerah-daerah. "Kalau daerah tidak meminta ya cukup dengan kereta reguler saja," ujarnya. (eh)

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024