Hari Ini Puncak Arus Balik di Stasiun Senen

Pemudik Kembali Ke Jakarta
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Puncak arus balik Lebaran yang menggunakan moda kereta api kemungkinan akan terjadi pada hari ini. Setidaknya, 9.000 penumpang dari luar Jakarta telah tiba di Stasiun Senen, Jakarta, pada pagi tadi.

Lupakan Kekalahan dari Qatar, Timnas Indonesia U-23 Harus Fokus Benamkan Australia

Perkiraan tersebut diungkapkan Kepala Stasiun Senen, Jakarta, Mateta ketika ditemui di Stasiun Senen, Jakarta, Minggu 26 Agustus 2012. "Arus balik sepertinya hari ini," kata dia.

Dibandingkan hari-hari sebelumnya, jumlah penumpang sebanyak 9.000 orang pada pagi tadi, merupakan kedatangan pemudik terbesar selama arus balik Lebaran tahun ini. Namun, KAI memperkirakan masih ada potensi meningkatnya jumlah penumpang yang belum masuk ke Jakarta.

5 Fakta Menarik Jelang Duel Bayern Munich vs Arsenal di Liga Champions

Potensi ini melihat dari kereta asal Semarang dan Malang yang masih belum datang. "Untuk hari ini para pemudik akan datang dari pukul satu dinihari tadi sampai nanti pukul lima sore," ujar Mateta.

Pihak KAI mencatat, pemudik yang memasuki Jakarta dari stasiun lain seperti Jatinegara, Gambir dan Tanah Abang, mencapai 24 ribu hingga 26 ribu orang per hari. Biasanya arus balik pemudik akan berlangsung lebih lama dibandingkan arus mudik Lebaran.

Seminggu Setelah Kepergian, Istri Babe Cabita Disebut Masih Sering Melamun

Lamanya masa arus balik salah satunya disebabkan kebijakan KAI yang mewajibkan penggunaan satu tiket untuk satu orang.   "Untuk arus balik sendiri sampai H+2 minggu masih akan terjadi," ujar Mateta.

Untuk arus mudik dari Stasiun Senen pada Lebaran tahun ini, KAI mencatat pemudik yang berangkat dari Jakarta menuju berbagai daerah di pulau Jawa  dari H-10 sampai dengan H+5 telah mencapai 362.335 pemudik.

Jumlah pemudik dengan moda transportasi kereta api itu naik  sekitar 5 persen dibandingkan tahun ssbelumnya. (eh)

 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya