Lintas Sumatera Lumpuh, Pemudik Pingsan Lapar

Puncak Arus Mudik Merak
Sumber :
  • Antara/Prasetyo Utomo

VIVAnews – Kemacatan panjang mengular hingga 10 kilometer di Jalan Lintas Sumatera, Desa Patiluban Hilir, Kecamatan Natal, Kabupaten Madailing Natal Madina, terjadi hingga tengah malam tadi.

Menurut informasi yang diterima VIVAnews dari pemudik bernama Bambang Harahap, kemacetan di Jalan Lintas Sumatera itu sudah terjadi sejak pukul 14.00 WIB, Selasa 21 Agustus 2012. Kemacetan tak juga terurai hingga malam hari, bahkan bertambah parah sehingga membuat lalu-lintas praktis lumpuh.

Kemacetan itu terjadi karena jembatan di kawasan Natal rusak, sementara jembatan alternatif yang dibuat tidak bisa menampung laju arus lalu-lintas dari arah Medan-Madina dan sebaliknya. “Mobil atau bus tidak bisa bergerak sama sekali,” kata Bambang yang berangkat dari Medan menuju kampung halamannya di kawasan Natal.

“Malam tadi bahkan banyak anak-anak dan pemudik yang pingsan,” ujar Bambang. Menurutnya, kemacetan itu membuat anak-anak kelaparan dan kehausan karena mereka dipaksa bertahan di jalan selama berjam-jam tanpa perbekalan memadai. Ini diperparah dengan sulitnya mencari makanan karena lokasi kemacetan jauh dari pemukiman warga.

“Pemudik tidak bisa mencari makanan. Susah sekali di sini cari kedai nasi karena ini kawasan hutan. Rumah penduduk jarang terlihat,” ucap Bambang. Ia dan beberapa pemudik sampai terpaksa nekat meninggalkan mobil mereka dan berjalan berkilo-kilo meter hanya untuk mencari makanan.

Hingga tengah malam tadi pihak kepolisian belum mampu mengurai kemacetan di Jalan Lintas Sumatera itu. Bambang mengatakan, bahkan hanya terlihat enam personil kepolisian yang mengatur lalu-lintas di depan Pos Lalu-Lintas Polsek Natal yang juga dilanda kemacetan.

Terkait kemacetan itu, Kapolres Madina AKBP Ahmad Fauzi dan Kasat Lantas Polres Madina AKP WH Pranggono yang hendak dikonfirmasi tidak dapat dihubungi VIVAnews. Sementara Kabid Humas Polda Sumut Kombes Raden Heru Prakoso tidak menjawab selulernya. Kadis Perhubungan Sumut Anthony Siahaan dan Kapolda Sumut Irjen Wisnu Amat Sastro pun tak merespons panggilan atau pesan singkat dari VIVAnews.

May Day 2024, Menaker Ajak Pekerja/Buruh Tatap Masa Depan Dunia Ketenagakerjaan
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto.

Diskusi dengan Pebisnis di London, Airlangga Pastikan Stabilitas Ekonomi RI Usai Pemilu 

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto membeberkan, keberlanjutan program dan kebijakan ekonomi Indonesia setelah Pemilihan Umum (Pemilu).

img_title
VIVA.co.id
1 Mei 2024