Kata Denny Soal "Advokat Koruptor = Koruptor"

Denny Indrayana
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews – Wakil Menteri Hukum dan HAM Denny Indrayana menyatakan advokat juga bisa melakukan malpraktek seperti layaknya dokter. Ini terkait tweet yang ia lontarkan pada Sabtu, 18 Agustus 2012, yang berisi pernyataan “Advokat koruptor adalah koruptor.”

Denny menegaskan, tweet itu tidak bermaksud menyinggung advokat. “Saya tidak menyebut profesi advokat itu kotor. Yang saya sebut advokat pembela kasus korupsi ada dua kriterianya, yaitu yang membela koruptor membabi-buta, dan yang tanpa malu menerima bayaran dari hasil tindakan korupsi,” kata dia kepada VIVAnews, Senin 20 Agustus 2012.

Membela koruptor membabi-buta yang ia maksud, lanjut Denny, adalah ketika klien jelas-jelas korupsi tapi dibela tidak korupsi. “Padahal seharusnya advokat membela klien dengan benar. Jika memang korupsi, katakan saja korupsi dengan jumlah uang sekian, tapi menyesal dan meminta keringanan hukuman,” ujar Denny.

“Jadi advokat bukannya membolak-balik definisi hukum untuk mengklaim kliennya tak bersalah,” imbuh dia. Denny sendiri yang berlatar belakang advokat mengaku pernah ditawari membela klien koruptor. Namun ia menolaknya.

“Namun sayangnya beberapa advokat kita justru merendahkan profesinya yang sangat terhormat itu,” kata Denny. Ia mengaku tidak masalah apabila diserang kalangan advokat karena sejumlah tweet “advokat koruptor adalah koruptor” yang ia tulis itu.

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Tweet kontroversial Denny Indrayana mengenai advokat

Ada yang dirilis antara pukul 09.00-10.30 WIB, Sabtu 18 Agustus 2012.

Pertama:
"Saya pernah advokat, menolak klien kasus korupsi. Sudah sewajibnya. #Advokat Koruptor adalah Koruptor. Penerima bayaran dari hasil Korupsi#"

Kedua:
"Banyak kok advokat hebat yg menolak kasus korupsi. #Advokat Koruptor adalah Koruptor. Penerima bayaran dari hasil Korupsi#"

Ketiga:
"TSK korupsi sudah dpt diduga salahnya dari pilihan figur advokatnya #Advokat Koruptor adalah Koruptor. Penerima bayaran dari hasil Korupsi#"

Keempat:
"Tidak sulit identifikasi advokat kotor yg hanya jagoan bayar hakim #Advokat Koruptor adalah Koruptor. Penerima bayaran dari hasil Korupsi#"

Anang Hermansyah dan Ghea Indrawari

Pertanyakan Ghea Indrawari yang Belum Menikah, Anang Hermansyah Dihujat Netizen

Anang Hermansyah mulanya menanyakan berapa usia Ghea Indrawari. Suami Ashanty tersebut nampak keheranan karena sampai kini Ghea Indrawari belum punya pasangan.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024