Polisi Buat Pagar Betis Amankan Pemudik

Ilustrasi Apel Operasi Ketupat
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Polisi menambah kekuatannya di sepanjang jalur mudik yang melalui Cianjur, Jawa Barat, Jumat 17 Agustus 2012. Sekitar 600 personel polisi diterjunkan untuk membantu anggota lain yang telah berjaga sebelumnya.

"Mereka mulai berbaris dengan jarak antara 50 hingga 100 meter di sepanjang Jalur Puncak hingga Citarum yang merupakan perbatasan dengan Bandung. Pagar betis total dilakukan mulai pukul 20.00 WIB hingga besok pukul 08.00 WIB," kata Kapolres Cianjur, Ajun Komisaris Besar, Agustri Heryanto.

Menurut Agus, langkah ini diambil setelah pihak kepolisian kewalahan mengatur lalu lntas di jalur mudik pada malam sebelumnya. "Dari penghitungan pos pantau malam tadi, lebih dari 15.000 pemudik melalui jalur ini dari pukul 22.00 WIB hingga pukul 08.00 WIB. Lonjakan malam tadi di luar prediksi, semua anggota harus begadang," ungkapnya.

Malam ini, dia menambahkan, pemudik yang diperkirakan melalui jalur lintas Cianjur bertambah hingga 40 persen. Untuk itu, tambahan personel diperlukan guna melindungi pemudik yang melintas Cianjur. "Selain itu, kami akan lebih mudah mengatur pergantian anggota, sehingga pelayanan terhadap para pemudik akan maksimal," katanya.

Dari data yang ada di pos pantau malam tadi, perbandingan antara kendaraan roda dua dan empat yang melalui puncak mulai berimbang. Polisi mengalihkan kendaraan besar melalui jalur Jonggol dan Sukabumi. Ini dipilih agar arus bisa terkendali, meskipun jumlah kendaraan terus bertambah.

"Semua langkah kami lakukan. Kami tidak ingin ada kemacetan panjang, semua kendaraan harus bisa berjalan," kata dia.

Bea Cukai Kalbagsel Musnahkan Barang Kena Cukai Ilegal Senilai 7 Miliar Rupiah

Agustri menargetkan kecepatan kendaraan terjaga pada 20-30 kilometer per jam. "Dengan ini, kepadatan bisa terurai, terutama para pengendara sepeda motor yang kami prioritaskan," kata dia. (art)

Sopyan Dado

Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Keluarga Ungkap Hal Ini

Keluarga Kenang Sosok Almarhum Sopyan Dado Semasa Hidup, Ungkap Hal Ini

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024