Bus Mudik Lintas Sumatera Dilempari Batu

Bus lintas Sumatera
Sumber :

VIVAnews - Sopir bus yang melintasi Jalur Lintas Sumatera resah dengan aksi lempar batu yang dilakukan oleh orang tidak dikenal selama arus mudik 2012. Terlebih lagi, belum ada satu pun pelaku yang ditangkap terkait aksi berbahaya itu.

Menurut salah satu sopir bus jurusan Jambi-Sumatera Utara, Martius Sitanggang, selama arus mudik Lebaran 2012, bus yang dia kendarai beberapa kali dilempari batu oleh orang tak dikenal.

"Beberapa hari lalu, bus saya dilempari di dekat perbatasan Jambi-Riau. Beruntung, batu hanya mengenai badan bus, bukan kaca," kata dia sambil memperlihatkan bekas lemparan batu di badan bus.

Dia mengaku tak habis pikir dengan ulah orang-orang itu. Dia tidak tahu alasan orang-orang itu melempari hampir setiap bus yang lewat. "Bisa dikatakan dari Lampung sampai Aceh sana, sopir bus pasti pernah dilempar batu oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab," tambah Martius, Jumat 17 Agustus 2012.

Menurut dia, pelaku pelemparan itu mengendarai motor atau sering duduk-duduk di pinggir jalan raya. Dia mengatakan, kalau tidak segera ditindak, aksi mereka bisa membahayakan sopir dan penumpang bus.

"Karena, ketika batu menghantam kaca depan bus, kaca bisa langsung pecah. Dengan kondisi ini, sopir tidak bisa melihat jalan dan terancam masuk jurang atau menabrak apa yang ada di depan bus," tutur dia.

Dia berharap, aparat keamanan berpatroli dan menangkap para pelaku ini. "Kami sangat berharap kepada polisi agar bisa mencegah aksi lempar batu yang membahayakan itu," terangnya.

Sementara ini, dia menambahkan, salah satu upaya yang bisa dilakukan sopir dengan pihak PO adalah memasang terali besi di depan kaca bus. Dengan demikian, apabila ada yang melempar batu tidak bisa mengenai kaca depan bus.

"Kami terpaksa mengeluarkan biaya lagi yang tidak sedikit untuk keamanan dan keselamatan penumpang bus. Dengan terali besi ini, sebagai upaya mencegah batu langsung mengenai kaca depan," ungkapnya.

Hal senada juga diungkapkan Alamina Pinem, pemilik PO Bus Rapi. Dirinya sangat khawatir dengan aksi lempar batu tersebut. Menurut dia, sudah banyak korban yang disebabkan aksi ini.

"Persoalan ini sudah kami laporkan kepada pihak terkait. Kami berharap, permasalahan pelemparan batu di jalan lintas bisa diatasi aparat keamanan," harapnya.

Secara terpisah, Kabid Humas Polda Jambi, AKBP Almansyah, mengatakan, selama Ramadan tahun ini, pihaknya belum mendapat laporan terkait insiden itu. Polda Jambi, menurut dia, sudah menggelar Operasi Ketupat selama arus mudik dan balik. "Kami belum mendapatkan laporan mengenai pelemparan batu ke bus," ungkapnya singkat. (art)

TKN Imbau Pendukung Prabowo-Gibran Tak Gelar Aksi Saat Sidang Putusan Sengketa Pilpres
dana asing

Israel-Iran Memanas, BI Catat Modal Asing Kabur dari Indonesia Rp 21,46 Triliun

Bank Indonesia (BI) mencatat, modal asing keluar atau capital outflow di pasar keuangan domestik mencapai Rp 21,46 triliun di pekan ketiga April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024