Anggaran Senjata TNI Lebihi Kemendikbud

Alutsista TNI
Sumber :
  • VIVAnews/Ikhwan Yanuar

VIVAnews - Wakil Ketua Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat, TB Hasanuddin menyatakan, terjadi peningkatan anggaran yang signifikan dalam proyek alat utama sistem persenjataan TNI. Peningkatan tersebut mencapai Rp77,73 triliun.

"Terjadi peningkatan untuk anggaran TNI sampai dengan saat ini mencapai Rp 77,73 triliun. Peningkatannya mencapai empat kali lipat, melebihi anggaran untuk Kementerian Kesehatan dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan," ujar Hasanuddin kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Jl Lenteng Agung, Jakarta, Jumat 17 Agustus 2012.

TB Hasanuddin menegaskan bahwa ada pengawasan yang ketat dalam proses pengadaan alutsista. "Minimal target utama alutsista tercapai sampai dengan 2014. Sudah cukup banyak anggaran Negara dikeluarkan untuk alutsista," kata Hasanuddin.

Hasanudin mengharapkan dengan dana yang sangat besar bisa memenuhi kebutuhan laut, udara dan darat. "Yang paling mahal itu pesawat tempur, kapal tempur, kapal selam dan tank leopard. Makanya, itu yang harus dipenuhi dulu. Yang pertama, apakah alutsista yang dibeli sudah sesuai dengan medan di Indonesia. Kedua, pengadaan alutsista ada nilai tambah terhadap produk-produk dalam negeri," ujar politikus Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan itu.

Sebelumnya Menteri Pertahanan RI, Purnomo Yusgiantoro, menegaskan  bahwa pengadaan alutsista mengacu pada rencana pembelian selama lima tahun yang telah disusun dalam master list. Namun rencana tersebut dapat berubah apabila dirasa perlu menyesuaikan dengan perkembangan lingkungan strategis.

"Untuk 2010-2014 ini kami buat master list, apa yang mau kami beli, agar diketahui anggarannya berapa. Selama dua setengah tahun ini terjadi perubahan perkembangan atau dinamika lingkungan strategis baik regional maupun global," ujar Purnomo dalam jumpa pers di Aula Bhineka Tunggal Ika Kementerian Pertahanan RI, Jakarta, Rabu 15 Agustus 2012.

Oleh karena itu, perencanaan pembelian yang telah disusun tersebut tentu harus disesuaikan lagi dengan strategi pertahanan. "Itu mempengaruhi penyesuaian perencanaan kita," kata Purnomo. (adi)

Prediksi Serie A: Fiorentina vs AC Milan
Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY)

AHY: Enggak Masalah Kursi Demokrat di DPR Turun, yang Penting Prabowo Menang

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengaku tak berkecil hati meski partainya kehilangan sejumlah kursi di DPR RI periode 2024-2029. Justru, AHY me

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024