THR Abdi Dalem Keraton Yogya Cuma Rp10 Ribu

Keraton Yogyakarta
Sumber :
  • jogjakini.com

VIVAnews - Para abdi dalem Keraton Yogyakarta mendapatkan tunjangan hari raya (THR) atau gaji ke-13 pada lebaran tahun ini hanya Rp10.000. Mereka juga tidak mendapatkan parsel atau bingkisan lebaran dari Keraton.

"Saya mendapatkan THR atau gaji ke-13 tahun ini sama jumlahnya dengan gaji bulanan yang saya dapatkan yaitu Rp10 ribu," kata Hastono Marwanto, Abdi Dalem Juru Kunci Keraton Yogyakarta saat berbincang dengan VIVAnews, di Makam Raja-Raja Mataram Kota Gede Yogyakarta, Senin, 13 Agustus 2012.

Hastono mengatakan, THR yang dia terima berserta para abdi dalem lainnya itu juga dipotong Rp500 untuk asuransi kesehatan dan sosial yang dikelola oleh Keraton.

"Jamkesos abdi dalem itu berguna untuk berobat jika sakit. Artinya bersih saya terima sejumlah THR itu Rp9.500," dia menegaskan.

Ia menuturkan, tunjangan lebaran sejumlah Rp10 ribu itu berlaku bagi abdi dalem yang berpangkat paling rendah yakni abdi dalem dengan pangkat "Jajar" seperti dirinya.

Sedangkan abdi dalem Keraton Jogja yang berpangkat "Masbekel" mendapatkan THR yang jumlahnya sama dengan gaji bulanan mereka, yaitu senilai Rp15 ribu.

Meski mengaku THR itu tak cukup untuk menafkahi anak dan istri, dia tetap merasa bahagia dan mensyukuri hadiah yang didapatkan dari keraton tersebut.

"Abdi dalem itu pengabdian, niatnya murni mengabdi. Ikhlas, meski tunjangan itu hanya cukup untuk sebungkus rokok," kata dia.

Tidak jauh beda dengan abdi dalem Keraton Jogja. Mas Surobudoyo selaku abdi dalem juru kunci dari Keraton Surakarta mengaku tidak mendapatkan THR dari Kraton Surakarta, namun ada bingkisan (parsel) lebaran.

"Kalau saya tidak ada THR, yang ada cuma bingkisan dari Keraton Surakarta. Saya abdi dalem berpangkat Jajar, gaji bulanan Rp50 ribu dari Kraton. Sedikit lebih besar dari abdi dalem Keraton Yogya karena ada tambahan dari Pemkot Solo," jelasnya.

Sementara itu, lanjutnya, meski tunjangan dari Keraton itu tidak bisa memenuhi kebutuhan hidup keluarganya, dia selalu mensyukurinya.

"Saya mensyukuri saja mendapatkan uang sekecil itu. Pada intinya tidak boleh mengeluh atas rezeki itu," ucapnya.

Kondisi Tragis di Gaza, FYP Minta Yordania-Mesir Buka Perbatasan untuk Bantuan Kemanusiaan
Ilustrasi menabung.

Generasi Muda Harus Cerdas Finansial Dalam Menabung dan Kelola Keuangan

Sebagai generasi penerus bangsa dengan akses yang luas terhadap produk dan layanan keuangan, anak muda seharusnya bisa lebih bijak merencanakan serta mengelola keuangan. 

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024