Testimoni Antasari, Jusuf Kalla Tak Diundang

Duta Untuk Komodo Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Mantan Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi Antasari Azhar melontarkan penyataan pernah diundang Presiden SBY sebelum pengucuran bailout Century.

Soal pernyataan Antasari itu, mantan Wakil Presiden Jusuf Kalla mengaku tidak mengetahui adanya pertemuan yang juga dihadiri petinggi Kepolisian RI dan Kejaksaan Agung itu. "Saya tidak tahu karena saya tidak hadir," kata Jusuf Kalla di Jakarta, Senin 13 Agustus 2012.

Dia tidak diundang dalam pertemuan itu. "Ada hal-hal tertentu saya tidak hadir atau tidak diundang hadir," ujarnya.

Mengenai agenda pertemuan, Kalla pun mengaku tidak tahu. "Saya tidak tahu pertemuan apa yang dibilang Antasari itu. Tidak ada laporannya sama saya," ujarnya.

Dalam sebuah wawancara, Antasari mengaku diundang ke Istana Negara. Saat itu Antasari masih menjabat sebagai Ketua KPK. Menurut Antasari, rapat itu membahas mengenai skenario pencairan dana Rp6,7 triliun untuk Bank Century.

Dalam rapat yang dipimpin Presiden SBY dihadiri pula oleh Boediono, Kapolri Bambang Hendarso Danuri, Jaksa Agung Hendarman Supandji, Menko Polhukam Widodo AS, Menkeu Sri Mulyani, Mensesneg Hatta Rajasa, Juru Bicara Kepresidenan Andi Mallarangeng, dan Denny Indrayana yang saat itu menjabat sebagai Staf Khusus Presiden.

Juru Bicara Kepresidenan Julian Aldrin Pasha mengatakan bisa saja memang ada rapat yang dimaksud Antasari. Namun demikian, dia menilai tidak mungkin rapat itu membahas skenario bailout. "Saya kira itu tidak benar," kata Julian di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat 10 Agustus 2012.

Sementara Menteri Koordinator Perekonomian Hatta Rajasa mengakui ada pertemuan di Istana Negara seperti yang diungkapkan Antasari itu. Namun, Hatta membantah pertemuan itu membahas soal Indover dan Bank Century.

"Tak pernah bicara soal Indover. Saya Mensesneg (waktu itu), saya tahu," kata Hatta di Kantor Presiden, Jkaarta, Senin 13 Agustus 2012.

Menurut Hatta, pertemuan tersebut dilakukan sebelum terjadi kasus Bank Century. "Oktober. Belum ada Century. Kan Century ada di November," kata Hatta. (umi)

Gelora Tolak PKS, Keponakan Prabowo Sebut Koalisi Prabowo-Gibran Masih Terbuka
VIVA Militer:  Marsma TNI R. Agung Sasongkojati

Puluhan Tahun Mengabdi, 3 Jenderal Angkatan Udara Resmi Pamit Tinggalkan TNI

Kemana mereka akan pergi?

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024