Cuaca Ekstrem Ancam Pemudik di Jawa

Ilustrasi Mudik Menggunakan Sepeda Motor
Sumber :

VIVAnews - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Yogyakarta mengingatkan potensi ancaman cuaca ekstrem bagi para pemudik. Peringatan ini terutama bagi mereka yang melintas rute Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Suhu udara di siang hari yang terik dan malam hari yang sangat dingin akan sangat rentan bagi stamina para pemudik yang menggunakan sepeda motor," kata Kasi Data dan Informasi BMKG Yogyakarta, Tony Agus Wijaya, Minggu 12 Agustus 2012.

Menurut Agus, bulan Agustus puncak musim kemarau, sehingga pada siang hari cuaca akan sangat terik dengan suhu rata-rata 33 derajat celcius lebih dan pada dini hari suhu udara akan sangat dingin sekitar 20 derajat celcius. Kondisi ini akan sangat dirasakan oleh pemudik yang menggunakan motor.

"Kondisi lelah dalam berkendara akan melemahkan konsentrasi dan kejadian yang tidak diinginkan seperti kecelakaan dapat menimpa pemudik," katanya.

Selain untuk para pemudik, Agus juga memberikan imbauan kepada masyarakat yanng akan berlibur lebaran di pantai Yogyakarta untuk mewaspadai gelombang tinggi. Menurut dia, selama Agustus gelombang di pantai selatan Yogyakarta bisa mencapai 2 meter.

"Informasi tentang perkembangan gelombang yang ekstrim akan kita kirim ke pemerintah daerah setempat seperti ke BPBD dan tim SAR pantai. Sedangkan untuk ancaman ubur-ubur beracun berkurang karena hanya muncul saat musim pancaroba," katanya. (ren)

Jokowi Resmikan Bendungan Tiu Suntuk di Sumbawa Barat yang Biayanya Rp 1,4 Triliun
Puteri Indonesia Pertama, Indira Sudiro.

Tips Gaya Hidup Sehat ala Puteri Indonesia Pertama Indira Sudiro, Bisa Jaga Berat Badan Ideal

Puteri Indonesia Indira Sudiro menilai banyak tips yang bisa dilakukan untuk bisa menjalani gaya hidup sehat. Namun, setiap orang punya kebutuhan dan metode masing-masing

img_title
VIVA.co.id
2 Mei 2024