NASIONAL

Muhammadiyah Tetapkan Idul Fitri 19 Agustus

Warga Muhammadiyah diminta salat Idul Fitri pada tanggal tersebut.

ddd
Jum'at, 10 Agustus 2012, 13:19
Umat Muslim Melaksanakan Salat Idul Fitri
Umat Muslim Melaksanakan Salat Idul Fitri (VIVAnews/Nurcholis Anhari Lubis)

VIVAnews - Pimpinan Pusat Muhammadiyah telah menetapkan Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1433 Hijriah jatuh pada hari Minggu tanggal 19 Agustus 2012.

Ketetapan ini diambil berdasarkan metode Hisab Wujudul Hilal, di mana pada Sabtu 18 Agustus 2102, tiga syarat untuk penetapan tanggal 1 bulan Qomariyah telah tercapai. Yakni, telah terjadi ijtima (konjungsi), terjadinya saat matahari belum terbenam, dan saat matahari terbenam bulan belum terbenam.

"Dengan ketetapan ini maka kami menginstruksikan kepada warga Muhammadiyah untuk menggelar salat Idul Fitri pada hari dan tanggal tersebut," ujar Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir di Gedung PP Muhammadiyah, Yogyakarta, Jumat 10 Agustus 2012

Ketetapan PP Muhammadiyah ini, kata Haedar, diambil berdasarkan pertimbangan syariah yang kuat. Selain juga menggunakan metode ilimiah yang sudah teruji. Menurutnya, metode Hisab Wujudul Hilal ini sudah digunakan di Indonesia sejak lebih dari satu abad silam.

"Kerajaan Arab Saudi juga menggunakan metode tersebut untuk menentukan kalender Islam sejak tahun 2004 yang lalu," katanya.

Ahli hisab PP Muhammadiyah, Oman Fathurrahman menyatakan, dengan menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal ini, maka hari-hari besar umat Islam dapat dilaksanakan serentak di seluruh muka bumi.

"Ini juga akan menghilangkan masalah penentuan awal puasa dan hari raya yang sering tak bersamaan," Oman menegaskan.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
izulfuadi
10/08/2012
ketahuan mana yg melek teknologi & mana yg buta teknologi..umat Islam seharusnya malu bila masih menggunakan ru'yah..karena metode ru'yah sangatlah lemah dan tidak bisa menyatukan seluruh Umat Islam yg ada dibelahan bumi ini..
Balas   • Laporkan
rizalfitrahn | 10/08/2012 | Laporkan
bukannya lemah sih mas, ru'yah itu dilakukan oleh nabi karena ketika itu ummat manusia masih bergantung dengan kondisi alam, pergerakan bulan terhadap bumi itu kostan, Jadi sekarang menentukan waktu ibadah, kita bisa tahu posisi bulan walaupun tak terliha
rizalfitrahn | 10/08/2012 | Laporkan
bukannya lemah sih mas, ru'yah itu dilakukan oleh nabi karena ketika itu ummat manusia masih bergantung dengan kondisi alam, sekarang teknologi sudah sedemikian canggihnya, pergerakan bulan terhadap bumi itu kostan, tidak melambat dan tidak lebih cepat, s
tahta99
10/08/2012
semenjak kapan penaggalan bulan 31 hari..ini berarti muhammadiyah puasa 31 hari...padahal nabi bersabda klau kamu nggak melihat bulan genapkanlah puasa 30 hr...berdasar rukyah awal puasa jatuh tgl 20.puasa 30 hari.muhammadiyah puasa tgl 19
Balas   • Laporkan
warikmalacung | 10/08/2012 | Laporkan
iya om, mana ada 31 hari.. tp lupa ya om, muhammadiyah mulainya tgl 20, bukan 19
rizalfitrahn | 10/08/2012 | Laporkan
maaf, saya bukan warga muhammadiyah, tetapi setahu saya mereka puasa hari jumat 20 july 12, pemerintah besoknya. kalo mereka lebaran tanggal 19 agustus 12, itu 30 hari, kan 19 agustus udah gak puasa lagi... alias lebaran. wallahu 'alam bi showaab.....
rizalfitrahn | 10/08/2012 | Laporkan
maaf, saya bukan warga muhammadiyah, tetapi setahu saya mereka puasa hari jumat 20 july 12, pemerintah besoknya. kalo mereka lebaran tanggal 19 agustus 12, itu 30 hari, kan 19 agustus udah gak puasa lagi... alias lebaran. wallahu 'alam bi showaab.....
msbaskara
10/08/2012
Sekarang ini jaman teknologi canggih, jangankan menentukan awal / akhir bulan puasa, menentukan kapan akan gerhana bulan aja sdh bisa diketahui jauh2 hari bukan cuma harinya, bahkan jam,menit, sampai detiknya
Balas   • Laporkan
usetyo
10/08/2012
Ngga tahu maksudnya apa sih, tapi mudah2an sama dengan penetapan tanggal dari Pemerintah.
Balas   • Laporkan
syifa.syam
10/08/2012
kenapa di indonesia yang selalu ada perbedaan sholat idul fitri ?? .....solusi yang terbaik dari permerinta dan muhammadiyah gimana yaaa...apa gak metode yang bisa menyamakan untuk melihat hilla?
Balas   • Laporkan
samasaja
10/08/2012
Saya mohon Muhammadiyah segera juga mengumumkan awal puasa dan lebaran tahun 2013, 2014, 2015 dst., dari sekarang. Kenapa diirit-irit begini? maksudnya apa?
Balas   • Laporkan
tahta99 | 10/08/2012 | Laporkan
@rizal..penetapan puasa beda dng penetapan kalender..karena pergerakan bulan bisa berubahlebih lambat atau cepat...beda berapa menit aja bulan tidak terlihat..harusnya gampang saja kalau mau menyamakan..nabi bersabda klau kamu nggak melihat bulan genapkan
rizalfitrahn | 10/08/2012 | Laporkan
muhammadiyah sudah punya jadual puasa dan lebaran bahkan hingga 100 tahun ke depan, karena pergerakan bulan terhadap bumi itu bisa dihitung. Bukannya di irit-irit, vivanews aja yang menyampaikan beritanya di irit-irit........
abu_dzakii
10/08/2012
"Kerajaan Arab Saudi juga menggunakan metode tersebut untuk menentukan kalender Islam sejak tahun 2004 yang lalu," katanya.. tapi utk awal dan akhir ramadhan arab enggunakan rukyat, bukan hilal
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com