Yusril Akan Dampingi Irjen Djoko Susilo?

Yusril Ihza Mahendra
Sumber :
  • VivaNews/ Nurcholis Anhari Lubis

VIVAnews - Mantan Menteri Kehakiman dan HAM, Yusril Ihza Mahendra, datang ke Mabes Polri, Jakarta, Senin 6 Agustus 2012. Dia menuju ke gedung Divisi Pembinaan Hukum (Binkum).

Sebelumnya, tersangka korupsi pengadaan driving simulator Surat Izin Mengemudi (SIM), Irjen Pol Djoko Susilo juga masuk ke gedung ini. Begitu juga pengacaranya, Hotma Sitompul. Namun, saat ditanya apakah akan menjadi pengacara Djoko, Yusril berkelit. "Jangan mengada-ada," kata dia.

Yusril mengaku, kedatangannya kali ini untuk memenuhi undangan Kabareskrim, Komjen Pol Sutarman. Undangan ini, untuk menganalisis polemik penanganan kasus simulator SIM antara Polri dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Nanti akan saya terangkan bagaimana caranya untuk mengatasai masalah ini," kata Yusril.

"Pokoknya saya dipanggil untuk dimintai konsultasi oleh Kapolri dan Kabareskrim, untuk menjelaskan ini."

Namun, dia enggan berkomentar banyak saat ditanya lembaga mana yang lebih berhak menangani kasus ini. "Tidak perlu ada yang dibela, hukum yang harus dipatuhi," katanya.

Sebagaimana ramai diberitakan, terjadi tarik ulur antara Polri dan KPK untuk menangani kasus ini. Polri menyoal penggeledahan gedung Korlantas Mabes Polri pada 30 Juli 2012. Mereka menuding KPK menabrak MoU dan tidak beretika karena tidak mendapat izin.

Tudingan itu telah ditepis KPK. Mereka mengklaim penggeledahan itu memiliki dasar yang kuat, termasuk masalah bukti yang disita. Bahkan Polri diminta mundur dan menyerahkan kasus ini kepada KPK. Namun ditolak mentah-mentah oleh Polri.

Belakangan, Polri justru menahan empat tersangka terkait kasus ini. Dua di antaranya juga telah ditetapkan sebagai tersangka oleh KPK. Dua tersangka itu adalah Wakil Kakorlantas Brigjen Didik Purnomo dan pengusaha berinisial BS. (umi)

Sidang Sengketa Pilpres, MK Pertimbangkan Hadirkan Mensos hingga Menkeu
Muslimah saat makeup

Jangan Asal Pilih, 5 Tips Ini Harus Diperhatikan Muslimah Saat Memilih Kosmetik Halal

Menyambut Hari Raya Idul Fitri banyak Muslimah ingin tampil cantik dan menawan. Namun, memilih kosmetik halal di tengah banyaknya produk di pasaran bisa menjadi tantangan

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024