DPR Desak Irjen Pol Djoko Susilo Nonaktif

Korlantas Polri Irjen Djoko Susilo
Sumber :
  • akpol.ac.id

VIVAnews - Anggota Komisi III bidang Hukum DPR Didi Irawadi Syamsudin mengimbau agar Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo segera menonaktifkan mantan Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Jenderal Polisi Pol Djoko Susilo dari posisinya sebagai Gubernur Akademi Kepolisian.

"Alangkah eloknya nonaktif sementara, kan ini akan lebih baik, jadi tidak ada kesungkanan untuk memeriksa," kata Didi Irawadi Syamsudin di gedung DPR, Jakarta, Kamis 2 Agustus 2012.

Penonaktifan juga sebagai momentum bagi Djoko Susilo untuk menyelesaikan kasus hukum yang menjeratnya. Bila nanti tidak terbukti, bisa dilakukan pemulihan nama baik.

Didi juga menyarankan agar Polri menyerahkan kasus ini sepenuhnya kepada Komisi Pemberantasan Korupsi. KPK sudah menetapkan Djoko Susilo sebagai tersangka kasus pengadaan alat simulator pembuatan Surat Izin Mengemudi. Sedangkan Polri sudah menetapkan lima tersangka lainnya.

"Ini kan terhadap anggota polisi yang masih aktif, jenderal. Dan ini baru pertama kali. Sebaiknya ditangani KPK saja, karena akan tidak mudah, bahwa polisi harus menunjukan ingin bersih-bersih diri," kata Ketua DPP Demokrat Bidang Pemberantasan Mafia Hukum ini.

Dengan begitu, Didi menilai ini justru akan memberikan citra yang lebih baik di mata publik. Ini juga bisa menepis isu negatif terhadap Kepolisian.

"Kalau ditangani sendiri akan ada rasa segan. Karena yang diperiksa ini masih aktif dan dengan possisi yang tinggi. Saya percaya polisi tidak akan aneh-aneh," kata dia. "Demi nama baik polisi, tunjukan ke publik."

Pilkada Serentak 2024 Diusulkan Ditunda, Ini Sejumlah Pertimbangannya

Bantah

Pengacara Djoko Susilo, Hotma Sitompul dan Juniver Girsang membantah semua tuduhan KPK. Bahkan, tim pengacara mempertanyakan status tersangka kliennya. "Karena sampai saat ini belum pernah diperiksa," kata Hotma di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu petang 1 Agustus 2012.

Hotma juga mempertanyakan penggeledahan bekas kantor Djoko Susilo di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Hotma mengatakan, barang-barang yang disita KPK merupakan barang-barang yang juga dalam pengusutan Polri untuk kasus yang sama. (adi)

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi

Instruksi Irjen Karyoto ke Jajarannya Pastikan Rangkaian Perayaan Paskah Kondusif

Polda Metro Jaya menegaskan bakal memberikan pengamanan pada seluruh gereja yang ada di wilayah Jadetabek saat Tri Hari Suci Paskah yang dimulai hari ini.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024