Djoko Susilo Akan Dicopot dari Gubernur Akpol

Korlantas Polri Irjen Djoko Susilo
Sumber :
  • akpol.ac.id

VIVAnews - Markas Besar Polri akan menonaktifkan Inspektur Jenderal Polisi Djoko Susilo dari posisinya sebagai Gubernur Akademi Kepolisian. Kapan waktunya? Belum bisa dipastikan.

"Dalam waktu dekat akan dilakukan tindakan seperti itu," kata Kepala Divisi Humas Polri, Inspektur Jenderal Polisi Pol Anang Iskandar di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Kamis 2 Agustus 2012.

Djoko Susilo sudah ditetapkan tersangka oleh Komisi Pemberantasan Korupsi dalam kasus dugaan korupsi pengadaan alat simulator pembuatan Surat Izin Mengemudi. Proyek di tahun anggaran 2011 itu saat Djoko Susilo menjabat Kepala Korps Lalu Lintas Mabes Polri.

Saat ini, Polri juga menangani kasus yang sama. Badan Reserse dan Kriminal Mabes Polri baru menetapkan lima tersangka. Dan berkas-berkas kelima tersangka itu sudah diserahkan ke Kejaksaan Agung. Salah satu tersangka yang ditetapkan Polri adalah Wakil Kepala Korps Lantas Brigjen DP.

Soal kemungkinan investigasi bersama antara KPK dan Polri, mengingat dua insitusi ini menangani kasus yang sama, Anang mempersilakan. "Silakan saja nanti tergantung hasil koordinasi. Karena dua-duanya sebagai penyidik kasus korupsi," kata Anang yang didampingi Kepala Bagian Penerangan Umum Brigjen Pol Boy Rafli Amar.

Menurut Anang, Polri tetap mengedepankan transparansi dalam pengusutan ini. Kasus korupsi juga menjadi kewajiban dan ranah pengusutan Polri. "Kami juga melakukan hal-hal yang ditentukan undang-undang," ujar Anang.

Is It Eating Ramen Good for Your Health Body?

Bantah

Pengacara Djoko Susilo, Hotma Sitompul dan Juniver Girsang membantah semua tuduhan KPK. Bahkan, tim pengacara mempertanyakan status tersangka kliennya. "Karena sampai saat ini belum pernah diperiksa," kata Hotma di kantornya, Jakarta Pusat, Rabu petang 1 Agustus 2012.

Hotma juga mempertanyakan penggeledahan bekas kantor Djoko Susilo di Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan. Hotma mengatakan, barang-barang yang disita KPK. (umi)

Namanya Masuk Bursa Cagub DKI, Heru Budi: Pak Arifin Satpol PP Juga Berpotensi
Striker AC Milan, Rafael Leao

Penyerang AC Milan Rafael Leao Bisa Dapat Ballon d'Or

Penyerang AC Milan, Rafael Leao dinilai masih bisa meningkatkan level permainannya. Asalkan dia percaya terhadap diri sendiri, dan terus bekerja keras.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024