"10 Tahun, KPK Baru Sentuh Polri"

Mobil KPK dihadang Usai Geledah Korlantas Mabes Polri
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Indonesia Police Watch (IPW) menilai penetapan Irjen Pol DS sebagai tersangka kasus korupsi merupakan fenomena baru. Sejak berdiri 10 tahun lalu, baru kali ini Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) berani menyentuh Kepolisian.

Ketua Presidium IPW Neta S Pane mengaku terkejut dengan langkah KPK dalam mengusut dugaan penggelapan dana pengadaan barang simulator pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM). "Selama ini hubungan KPK-Polri dipenuhi dengan sikap ewuh-pakewuh karena 110 penyidik KPK adalah para perwira Polri," kata Pane, Selasa 31 Juli 2012.

Dengan gebrakan terakhir, Neta berharap KPK tetap konsisten. Selain itu, Neta berharap KPK waspada dan tidak dijadikan alat 'perang bintang' dan persaingan tidak sehat mendekati pergantian Kapolri.

KPK harus menuntaskan pengusutan kasus tersebut agar tidak tercipta kesan bahwa KPK hanya diperalat untuk menjatuhkan citra perwira tinggi tertentu dalam persaingan calon Kapolri pasca Timur Pradopo.

Ikhlas Pangkal Sukses: Catatan Kecil tentang Prabowo Subianto

Terkait penyidikan ini, Neta menyinggung soal penutupan portal saat kendaraan penyidik KPK akan ke luar dari Gedung Korlantas Polri. Menurut Neta, tidak selayaknya aparat bertindak seperti itu. "Sebagai sesama penyidik seharusnya polisi akomodatif dan membantu tugas-tugas yang dilakukan KPK."

IPW meminta pimpinan Polri menegur bawahan yang menghalani tugas penyidik KPK.

Nasib Pilu Warga Gaza, Tank dan Roket Israel Masih Terus Menyerang saat Momen Idul Fitri

Diberitakan sebelumnya, KPK menggeledah kantor Korlantas Polri sejak Senin sore kemarin. Dari penggeledahan ini, penyidik mengamankan belasan kardus berisi dokumen yang terkait dengan kasus pengadaan simulasi SIM tersebut. (umi)

Park Bo Ram.

Baru Comeback, Park Bo Ram Meninggal Dunia di Usia 30 Tahun

Penyanyi asal Korea Selatan, Park Bo Ram dikabarkan meninggal dunia. Penyanyi jebolan ajang pencarian bakat Superstar K2 ini meninggal di usia 30 tahun. 

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024