NASIONAL

KPK Periksa Lagi Hartati Murdaya

Dia saksi tersangka kasus suap HGU perkebunan Buol, Gondo Sudjono.

ddd
Senin, 30 Juli 2012, 08:20
Hartati Murdaya akan kembali menjalani pemeriksaan di KPK
Hartati Murdaya akan kembali menjalani pemeriksaan di KPK (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews -- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hari ini kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap pengusaha Siti Hartati Murdaya. Anggota Dewan Pembina Partai Demokrat ini akan menjalani pemeriksaan lanjutan sebagai saksi.

"Hartati hari ini diperiksa lagi, lanjutan yang pekan lalu sebagai saksi untuk tersangka GS," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP melalui pesan singkat, Senin, 30 Juli 2012.

Menurut Johan, pemeriksaan kali ini merupakan pemeriksaan lanjutan dalam kasus dugaan suap penerbitan Hak Guna Usaha (HGU) perkebunan di Buol, Sulawesi Tengah, atas tersangka Gondo Sudjono.

Hartati telah menjalani pemeriksaan pada Jumat pekan lalu. Pemilik PT Hardaya Inti Plantation itu diperiksa oleh penyidik KPK selama 12 jam lebih. Dalam keterangannya Hartati membantah telah memberikan uang kepada Bupati Buol, Amran Batalipu untuk Pilkada, Buol.

"Saya tidak pernah kasih bantuan pilkada. Tetapi, yang menjadi tekanan bagi kami itu masalah keamanan. Masalah keamanan itu, soal demo," kata Hartati.

Pengacara Hartati, Patra M Zen, mengatakan kasus itu lebih ke arah pemerasan, bukan suap. "Inisiatif itu datangnya dari Bupati Buol," kata Patra.

"Saya tegaskan kalau dari pejabat ke bupati itu suap, tapi kalau dari pejabat ke pengusaha itu pemerasan," tuturnya. Kendati demikian, Patra mengakui bahwa uang yang diminta Arman itu Rp3 miliar. Baca selengkapnya di tautan ini.

Terkait kasus ini, Hartati selaku pemilik PT Hardaya Inti Plantation (HIP) telah dicegah bepergian ke luar negeri bersama Direktur PT Hardaya Inti Plantation, Totok Lestiyo, dan beberapa pegawai PT HIP, Kirana Wijaya dan Soekirno.

KPK juga telah menetapkan Bupati Buol, Amran Batalipu, dan petinggi PT Hardaya Inti Plantation atau PT Cipta Cakra Murdaya (CMM), Yani Ansori, dan Gondo Sudjono sebagai tersangka. (ren)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com