VIDEO: Warga Bakar 70 Rumah Karyawan di Riau

Kebakaran Universitas Riau
Sumber :
  • Antara/FB Anggoro

VIVAnews – Konflik agraria di Sumatera semakin membara. Setelah bentrokan warga dan PT Perkebunan Nusantara VII di Ogan Ilir, Sumatera Selatan, peristiwa serupa terjadi di Riau.

Ratusan warga Desa Danau Lancang, Tapung Hulu, Kabupaten Kampar, merangsak masuk ke areal perumahan kelapa sawit PT Andalan Riau Karya Abadi dengan membawa parang, ketapel, dan berbagai alat pukul. Warga mengamuk dan membakar rumah karyawan milik perusahaan itu.

Tak tanggung-tanggung, warga membakar hangus sedikitnya 70 unit rumah karyawan. Untungnya, para penghuni rumah itu sudah lebih dulu meninggalkan lokasi. Mereka menyelamatkan diri sebelum aksi pembakaran terjadi. Namun, meski rumah puluhan karyawan itu terbakar habis, warga belum puas.

Warga yang telanjur tersulut emosi itu juga membakar kantor perusahaan, alat berat, dan mobil milik perusahaan. Aparat kepolisian yang berusaha meredam aksi anarkis itu pun tak bisa berbuat banyak. Polisi bahkan lari tunggang-langgang meninggalkan lokasi kejadian, sedangkan api berkobar-kobar dengan ganas.

Lihat .

Seorang polisi dan karyawan perusahaan yang terjebak dalam aksi tersebut nyaris menjadi sasaran amuk massa. Beruntung, nyawa mereka terselamatkan berkat pertolongan sebagian warga yang berupaya menenangkan emosi rekan-rekannya.

Amuk massa di Danau Lancang itu dipicu oleh ulah perusahaan yang menutup parit milik warga yang berada di lahan sengketa. Akibatnya, warga tidak bisa masuk untuk memanen buah sawit. Warga sendiri mengaku terpaksa melakukan aksi beringas itu sebagai langkah terakhir setelah berbagai upaya mereka sebelumnya tak mendapat tanggapan perusahaan dan polisi setempat.

Lahan yang diperebutkan warga dan perusahaan ini memiliki luas 1.400 hektare. Konflik antara warga dan perusahaan pun telah terjadi berulang kali. Mei 2012, bentrokan antara keduanya sempat mengakibatkan sejumlah warga tertembak. (art)

Wakil Ketua DPD Mahyudin Harap Keberhasilan Timnas Indonesia U-23 Memotivasi Anak Muda Bangsa
Ilustrasi madu

Bukan Dibakar, Begini Cara Buktikan Keaslian Madu Murni

Perlu digarisbawahi bahwa hanya madu murni yang berkhasiat bagi kesehatan, bukan madu yang sudah dicampurkan dengan pengawet atau pemanis

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024