Satu Tewas di Cinta Manis, Aparat Dikritik

Sengketa Lahan
Sumber :
  • ANTARA/Sahrul Manda Tikupadang

VIVAnews - Bentrokan massa di pabrik Gula Cinta Manis yang dikelola PT Perkebunan Nusantara VII, Ogan Ilir, Sumatera Selatan, mengakibatkan satu orang tewas. Angga bin Darmawan yang masih berusia 12 tahun tewas diterjang peluru.

Bentrokan yang kembali terjadi di Cinta Manis itu dikecam banyak pihak. "Kami memprotes keras tindakan aparat keamanan yang melakukan penembakan terhadap rakyat di Kabupaten Ogan Olir," kata Ketua Nasional Perhimpunan Rakyat Pekerja (PRP), Anwar Ma'ruf.

Anwar menilai, bentrokan itu memperlihatkan keberpihakan aparat keamanan kepada elit politik dan pemilik modal, dibandingkan melindungi hak-hak warga negara. Bentrokan yang terjadi Jumat 27 Juli 2012 itu tidak hanya mengakibatkan satu orang tewas.

Menurut Anwar, dalam bentrokan itu, dua orang perempuan yakni Jesica (16 tahun) dan Dud binti Juning (30 tahun), Rusman, dan satu orang belum diketahui namanya, terluka parah.

"Penembakan semakin menunjukkan perilaku aparat keamanan dalam memposisikan rakyatnya sebagai musuh negara," kata dia.

Shin Tae-yong Populer di Instagram, Raup Cuan Jadi Bintang Iklan

Sengketa lahan masyarakat Ogan Ilir, yang melibatkan 20 desa dari 6 kecamatan di Ogan Ilir, dengan PTPN VII Unit Usaha Cinta Manis merupakan sengketa lahan sejak 1982.

Ini bukan bentrokan yang pertama terjadi. Pada Rabu 18 Juli 2012, massa juga membakar beberapa rumah dan lahan kebun tebu yang ditempati pegawai di Rayon 3 Desa Sribandung Kecamatan Tanjung Batu.

Belum dipastikan besar kerugian karena tengah dihitung. "Waduh, besar sekali. Sekitar 1.100 hektare kebun tebu terbakar," kata Menteri BUMN, Dahlan Iskan di Kantor Presiden, Kamis 19 Juli 2012.

Menurut Dahlan, PTPN tak kuasa menahan serbuan massa yang marah terkait sengketa lahan di Kabupaten Ogan Ilir, Sumatera Selatan itu. "Kalau orang-orang PTPN tidak berdaya menghadapi serbuan massa yang bersenjata seperti itu. Orang-orang PTPN kan tidak dipersenjatai," kata Dahlan. (art)

Viral istri lebih mahir parkirkan mobil ketimbang suaminya

13 Tahun Punya Mobil, Suami Ini Andalkan Sang Istri Ketika Kesulitan Parkir di Rumah

Seorang wanita pemilik akun TikTok @titinmukadaroh yang dilihat VIVA Otomotif, Jumat 11 April 2024, dia membagikan momen saat dirinya parkir mobil karena suami tak mahir.

img_title
VIVA.co.id
12 April 2024