KPK Bidik Mantan Dirut PLN

Jumpa Pers Operasi Tangkap Tangan KPK di Kab, Buol
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) di Tarahan, Lampung pada 2004 merupakan proyek percontohan PT Perusahaan Listrik Negara. Dalam pelaksanaan tender proyek senilai Rp2 triliun itu, PT Alstom Indonesia adalah salah satu pemenang proyek pengerjaan ketel uap alias boiler --alat yang menghasilkan uap air untuk tenaga gerak.

Proses tender proyek ini kemudian menjadi sorotan. PLN yang saat itu dipimpin oleh Eddie Widiono sebagai pengguna anggaran diduga "bermain" dalam proses tender. PT Alstom sebelumnya mengajukan harga yang lebih tinggi dari rekanan lain, yakni Mitsubishi, tetap diikutsertakan dalam tender hingga tahap keempat.

Di tahap keempat inilah, PT Alstom mengajukan angka US$118 juta. Sementara Mitsubishi mengajukan harga US$121 juta. Atas dasar itulah, PLN menyatakan PT Alstom Indonesia sebagai pemenang proyek.

Tidak berhenti di situ, dalam prosesnya diduga ada praktik suap. Nama politisi PDI Perjuangan Emir Moeis disebut ikut membantu proses tender. Kebetulan saat itu Emir duduk di Panitia Anggaran (Panggar) DPR.

Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Bambang Widjojanto mengatakan KPK masih melakukan pengembangan kasus tersebut. Ia pun tak menampik adanya keterkaitan PLN dengan posisi Emir sebagai anggota Panggar.

"Pasti ada, cuma bagaimana bentuk dan modusnya tentu tidak bisa disampaikan. Tolong pelajari kasus PLN yang melibatkan EW," kata Bambang di kantornya, Kamis 26 Juli 2012.

Eddie Widiono sendiri telah divonis lima tahun penjara dalam kasus korupsi pengadaan outsourcing Roll Out Customer Information Service - Rencana Induk Sistem Informasi (CIS-RISI) PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) dan Tangerang 2004-2006. KPK sendiri belum bersedia menjelaskan posisi Eddie dalam kasus ini. Menurut Bambang, KPK masih fokus pada tersangka Emir Moeis.

"Status EW, sampai sekarang yang ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus ini, baru IEM. Apakah EW akan tersangkut nanti akan dikembangkan lebih lanjut," ujarnya.

Konflik Makin Panas, India Larang Warganya Kunjungi Israel dan Iran
Ketum PSS Erick Thohir bersama Emil Audero Mulyadi

Erick Thohir Ketemu Kiper Inter Milan, Bakal Dinaturalisasi Timnas Indonesia?

Rumor naturalisasi pemain Timnas Indonesia kembali mencuat. Kali ini, kiper Inter Milan Emil Audero Mulyadi kembali masuk dalam daftar calon naturalisasi.

img_title
VIVA.co.id
13 April 2024