Banjir Bandang Padang Seribu Rumah Rusak

Banjir Bandang Padang
Sumber :
  • ANTARA/Iggoy el Fitra

VIVAnews – Total kerugian dari banjir bandang yang menghantam daerah bantaran Sungai Batang Kuranji dan Batang Arau, Padang, ditaksir mencapai Rp40 miliar.

Data Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Sumatera Barat, Kamis 26 Juli 2012 menunjukkan, banjir bandang yang terjadi Selasa, 24 Juli 2012, telah merusak sejumlah fasilitas umum dan rumah warga di 24 kelurahan dan 7 kecamatan.
 
Sedikitnya 3.636 warga hingga kini masih mengungsi di sejumlah lokasi yang disiapkan pemerintah. Pengungsi terbanyak dengan jumlah mencapai 2.518 orang berada di Kecamatan Nanggalo.
 
Banjir bandang Padang itu mengakibatkan 1.003 rumah rusak – 190 rusak berat, 332 rusak sedang, dan 481 rusak ringan. Kerusakan terbanyak berada di Kecamatan Pauh, di mana 42 rumah warga rusak berat di Limau Manis Selatan, 22 rumah rusak di Lambung Bukit, 48 rumah rusak sedang di Limau Manis, dan 17 rumah rusak ringan.
 
Daerah hulu Sungai Batang Kuranji dan Sungai Danau Kariang yang bermuara di Batang Kuranji, Limau Manis, ini juga terisolasi akibat rusaknya dua jembatan peninggalan Belanda di kedua sungai tersebut.
 
Banjir bandang juga merusak dua unit sekolah di Nanggalo dan Padang Timur. Sebuah sarana kesehatan di Kecamatan Nanggalo pun rusak berat. Selain itu, sedikitnya 11 irigasi mengalami rusak berat dan 1 irigasi mengalami rusak sedang. Sementara tak kurang dari 15 rumah ibadah rusak berat dan ringan akibat banjir bandang itu.
 
Rekapitulasi kerugian sementara menunjukkan kerusakan di sektor jalan dan jembatan menimbulkan kerugian paling besar, yakni Rp17,6 miliar. Sedangkan kerusakan rumah penduduk menyumbang kerugian sebesar Rp11,3miliar.
 
Selanjutnya, kerusakan aliran irigasi dan pengairan di dua sungai besar yang membelah kota ini ditaksir berjumlah sekitar sekitar Rp10 miliar. Sisanya, kerugian di sektor perikanan, pertanian, dan pertanian diperkirakan total mencapai Rp1,6 miliar.
 
Banjir bandang 24 Juli 2012 itu merupakan banjir terburuk yang terjadi di Padang dalam sepuluh tahun terakhir. Hujan deras sekitar dua jam di daerah hulu dua sungai besar mendatangkan air bah yang membawa sejumlah material seperti pohon dan tanah dalam jumlah besar.

Cegah Informasi Simpang Siur, Jemaah Haji Diimbau Tak Bagikan Kabar Tidak Benar di Media Sosial
Kim Min-jae saat Napoli melawan Inter Milan

6 Pemain yang Bisa Didatangkan Inter Milan, dari Juara Serie A hingga Penantang Liga Champions

Pada Senin, 22 April, Inter Milan meraih Scudetto ke-20 dalam sejarah mereka, dan cara mereka memastikannya tidak bisa lebih memuaskan lagi.

img_title
VIVA.co.id
27 April 2024