Cirebon Diusulkan Jadi Ibukota Jawa Barat

Masjid Merah Panjunan Cirebon
Sumber :
  • VIVAnews/ Reza Putra

VIVAnews - Melihat sudah padatnya kawasan kota Bandung, DPRD Provinsi Jawa Barat mengusulkan ibukota Provinsi Jawa Barat dipindahkan dari wilayah kota Bandung. Usulannya, pindah ke Cirebon. Wacana itu mengemuka di kalangan anggota DPRD Jawa Barat guna meredam tuntutan warga Cirebon.

"Jika wacana ini bisa mengemuka dan disetujui, maka bisa meredam masyarakat Cirebon yang ingin memisahkan diri dari Jawa Barat," kata anggota Komisi A DPRD Jawa Barat, Deden Darmansyah di gedung DPRD Jawa Barat, Rabu 25 Juli 2012.

Pembentukan provinsi Cirebon memang baru sebatas wacana. Dan wacana itu masih jauh dalam hal memenuhi persyaratan administratif. Tetapi wacana ini harus segera direspons oleh anggota Dewan.

"Jika melihat perkembangan pembentukan Cirebon menjadi provinsi, lebih baik Provinsi Jabar saat ini mengalihkan fokus pembangunan ke Cirebon yang notabene menjadi wilayah pantai utara Jawa Barat. Sehingga terlihat adanya keseriusan pemerintah Jabar dalam membangun Cirebon," ungkap politisi PDIP ini.

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Usulan provinsi Cirebon sendiri pernah dibahas Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang akan memekarkan wilayah "Cirebon Metropolis".

"Memekarkan wilayah Cirebon Metropolis ini perlu kajian mendalam. Bahkan Perdanya perlu pembahasan lebih lanjut. Namun untuk pemindahan ibukota Jawa Barat ke Cirebon bisa sesegera mungkin, karena jelas acuan serta peraturannya," ungkap Deden.

Sementata itu tokoh masyarakat asal Cirebon Irianto MS Syafiudin atau Yance mengatakan, perlu adanya kajian khusus memindahkan ibukota Jawa Barat ke Cirebon.

"Pemprov harus memperhatikan lebih kemakmuran serta kesejahteraan warga Cirebon. Namun juga jangan dijadikan alat politis untuk meredam keinginan murni masyarakat Cirebon," papar Yance saat dihubungi. (umi)

PJ Wali Kota Pontianak Ani Sofian (bertopi) saat memantau pelaksanaan Sidak ke sejumlah SPBU di Pontianak, Kamis 28 Maret 2024. Pemkot menemukan masih ada SPBU yang takarannya belum sesuai. (Adpim Pemkot Pontianak)

Pemkot Pontianak Kasih Peringatan ke Seluruh SPBU di Kota Itu, Ada Apa?

Jelang Hari Raya Idul Fitri, Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak melalui Tim Pengawas Kemetrologian menggelar inspeksi mendadak (sidak) ke SPBU.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024