Dua Sungai di Padang Meluap, 10 Orang Hilang

Banjir bandang di pesisir selatan Padang, Sumatera Barat
Sumber :
  • Mariadi/Warga Painan, Sumatera Barat

VIVAnews - Hujan deras yang melanda wilayah Padang, Sumatera Barat, sejak Selasa sore, 27 Juli 2012, menyebabkan dua sungai besar yang membelah kota tersebut meluap. Sejumlah kawasan di hulu sungai Batang Arau dan Batang Kuranji mulai terendam banjir.

Menurut data Pusat Pengendali Operasi Penanggulangan Bencana Sumbar, satu rumah kayu di Ujung Tanah, dekat Kampus UPI, Kecamatan Lubuk Begalung, yang berada di aliran Batang Arau, hanyut terbawa luapan arus sungai.

"10 orang dikabarkan hilang dan masih dalam pencarian," kata Manajer Pusdalops Sumbar, Ade Edward kepada VIVAnews.

Dua sungai besar yang membelah kota itu membesar sejak dua jam lalu. Luapan sungai Batang Kuranji yang berhulu di Lamau Manis, meluap ke kawasan Kalumbuak dan Parak Kopi, tidak jauh dari PDAM Kota Padang. Sedangkan luapan sungai Batang Arau membanjiri kawasan Indarung, Lubuk Begalung, dan Marapalam.

"Kawasan yang terendam banjir berada pada wilayah yang rendah, saat ini ketinggian air masih terus naik," kata Ade.

Sejauh ini, belum bisa dipastikan berapa unit rumah yang disapu luapan dua sungai besar yang bermuara ke Pantai Padang. Menurut sejumlah informasi, terjangan banjir menghantam desa Gunung Nago, Limau Manis,
Padang. Banyak rumah yang terendam banjir.

"Banyak masyarakat mengungsi, namun sejauh ini belum ada instruksi untuk diungsikan terutama pemukiman di bantaran sungai besar ini," kata Ade. (eh)

Jadwal Mobil SIM Keliling DKI Jakarta, Bandung, Bogor, Bekasi Selasa 16 April 2024
Ilustrasi uang logam

5 Negara dengan Upah Tertinggi di Dunia, Ada yang Tembus Miliaran Rupiah

Dalam dunia korporat, para karyawan akan menerima penghargaan atau kompensasi atas kontribusi dan usaha mereka selama bekerja. Ini negara dengan upah tertingg di dunia

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024