Legenda Komik Indonesia Wafat

RA Kosasih, 91, (kanan) tokoh komik Indonesia & Iwan Gunawan pemerhati komik
Sumber :
  • Antara/ Bayu Lindarto

VIVAnews - Legenda Komik Indonesia, RA Kosasih, meninggal dunia dalam usia 93 tahun di kediamannya dini hari tadi, Selasa 24 Juli 2012, sekitar pukul 01.00 WIB. Almarhum merupakan pencipta komik Sri Asih, Mahabharata, dan Ramayana.

"Kami sebut beliau sebagai Bapak Komik Indonesia. Karena karya-karya beliau mampu menyingkirkan komik-komik impor saat itu sekitar tahun 1954," kata salah satu pendiri Komik Indonesia.com, Andy Wijaya, kepada VIVAnews.

RA Kosasih rencananya dimakamkan siang ini di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir, Jakarta Selatan. Kosasih sempat menjalani perawatan di RS Bintaro karena penyakit jantung.

Komikus yang menjadi motor penggerak kebangkitan komik Indonesia pertama itu meninggal di kediamannya, Jalan Cempaka Putih III Nomor 2, Rempoa, Ciputat. Menurut Andy, RA Kosasih menghabiskan 30 tahun hidupnya untuk berkarya.

"Ledakan komik Indonesia pertama pada 1954 itu mengalahkan komik-komik impor seperti Tarzan, Phantom, serta Flash Gordon. Karya-karya beliau mampu menyingkirkan komik-komik impor," kata Andy.

Andy sedikit menceritakan tentang kebangkitan komik Indonesia kedua yang terjadi sekitar tahun 1967. Saat itu, komik karya Ganes TH, Si Buta dari Gua Hantu, membuat ledakan.

Tetapi, saat ini, komik Indonesia masih terpuruk. Meski, Andy melihat masa depan komik Indonesia masih sangat menjanjikan. Maka itu, dia berharap anak-anak muda mampu berkarya lebih baik. "Saat ini, kami perlu tokoh idola baru. Saya yakin, anak-anak muda sekarang memiliki kemampuan yang lebih baik," ujar Andy. (art)

PDIP Minta Penetapan Prabowo Ditunda karena Gugatan di PTUN, KPU Tegaskan Ini
Ilustrasi biji Kopi.

6 Makanan yang Sebaiknya Dihindari saat Menikmati Secangkir Kopi

Bagi banyak orang, kopi adalah minuman wajib untuk memulai hari. Rasanya yang khas dan efek kafeinnya dapat membantu meningkatkan fokus dan kewaspadaan.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024