Pemerintah Tetapkan Puasa Dimulai 21 Juli

Sidang Itsbat Awal Ramadhan 1433 H
Sumber :

VIVAnews - Kementerian Agama Republik Indonesia akhirnya memutuskan penetapan awal Ramadan 1433 H jatuh pada hari Sabtu, 21 Juli 2012. Ini berbeda dengan penghitungan Muhammadiyah, yang menetapkan 1 Ramadan pada Jumat esok.

"Hilal tidak bisa dilihat (hari ini), oleh karenanya 1 Ramadhan jatuh pada hari Sabtu 21 Juli," kata Menteri Agama RI Suryadharma Ali saat menggelar sidang isbath di kantor Kemenag, Jakarta, Kamis 19 Juli 2012.

Suryadharma mengatakan penetapan jatuhnya awal Ramadhan ini berdasarkan laporan rukyah yang dilakukan semua Kanwil dan kantor Kemenag Kabupaten Kota. Dalam pelaksanaan rukyah, Kemenag juga melibatkan pengadilan agama, mahkamah syariah, ormas Islam dan tokoh-tokoh masyarakat.

Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Ahmad Jauhari, juga menjelaskan bahwa dari hasil ijtima yang jatuh pada hari Kamis pukul 11.24 WIB, posisi hilal 0 sampai 1 derajat, takmir standar Indonesia. "Maka 1 Ramadhan, jatuh pada hari Sabtu legi," ujar Jauhari.

Dari surat edaran yang dilakukan oleh sejumlah ormas Islam, mereka sepakat bahwa awal Ramadan jatuh pada hari Sabtu 21 Juli. Namun Dewan Pimpinan Muhammadiyah dan Front Pembela Islam menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada hari Jumat kliwon.

Dilanjutkan Jauhari, bahwa hasil laporan rukyat yang masuk ke Kemenag sebanyak 38 tempat. Sebaran daerahnya meliputi Papua Barat, NTB, Bali, Kalimantan Tengah dan Timur, Sulawesi Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Tengah dan Sukabumi. "Semuanya menyatakan tidak melihat hilal," ujar Jauhari. (ren)

Arus Mobil saat Mudik 2024 Meningkat, Astra Infra Siapkan Hal Ini
Kegiatan kelompok usaha PT Bumi Resources Tbk.

BUMI Resources Cetak Laba Bersih US$117,4 Juta di Tahun 2023

PT Bumi Resources Tbk (BUMI) mencatatkan pendapatan secara konsolidasian mencapai US$6,57 miliar di sepanjang tahun 2023. Tercatat, bahwa pendapatan BUMI berdasarkan PSAK

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024