NASIONAL

Menteri Agama: 1 Ramadan Mungkin 21 Juli

Kita tunggu hasil rukiyahnya dari berbagai titik di tanah air, ujarnya

ddd
Kamis, 19 Juli 2012, 19:35
Sidang itsbat awal Ramadan
Sidang itsbat awal Ramadan  

VIVAnews - Kementerian Agama RI melalui sidang isbath Kamis sore memang belum memutuskan kapan ditetapkannya awal puasa Ramadhan 1433 H. Namun berdasarkan hisab, hilal tidak terlihat di seluruh wilayah Indonesia.

"Dengan demikian, kemungkinan 1 Ramadan jatuh pada tanggal 21 Juli, Sabtu lusa," kata Menteri Agama Suryadharma Ali di kantornya, Kamis 19 Juli 2012. Namun dia meminta semua pihak menunggu konfirmasi hasil rukiyah.

"Jadi pengumuman ini adalah gabungan dari rukiyah dan hisab. Kita tunggu hasil rukiyahnya dari berbagai titik di tanah air," ujarnya.

Menurut Suryadharma, saat ini Kemenang masih mendengar laporan pihak-pihak yang melakukan rukiyah di berbagai titik. Setelah itu baru bisa diambil keputusan.

Anggota Badan Hisab Rukyat Kemenang dari Planetarium dan observatorium Jakarta, Dinas Pendidikan Prov DKI, Cecep Nurwendaya mengatakan dalam perhitungan bulan di Indonesia tidak saja mengacu pada hisab semata tapi juga rukyah.

"Bisa saja dilaporkan dimana-mana, tergantung apakah hasil rukyat diterima atau nggak, kalau ditolak bisa saja," kata Cecep.

Ia pun menjelaskan bahwa dalam hitungan rukyat dapat dilakukan setelah tanggal 29 sya'ban. Sementara untuk hitungan melalui hisab bisa dilakukan kapan saja.

"Rukyat observasi astronomi, hisab perhitungan astronomi, jadi ada perhitungan yang akurat, dua duanya ilmiah. Itu atas syariah, jadi bukan masalah astronominya, tapi syariahnya (istihadiah). Makanya pemerintah belum menetapkan," terangnya. (ren)



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
habibie82
20/07/2012
lebih kuat kemungkinan memang puasa 21 juli
Balas   • Laporkan
luthfidzulfikar
19/07/2012
jangan sampai NGACO seperti tahun kemarin lagi!!!!!!!!!
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com
Info Iklan | Kontak Kami | Tentang Kami | Disclaimer | Kode Etik | Lowongan
Copyright © 2014 PT. VIVA Media Baru