GP Ansor: Jangan Peruncing Perbedaan Puasa

Petugas melihat hilal di Pantai Loang Baloq, Mataram
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Pengurus Pusat Muhammadiyah menetapkan awal puasa 1 Ramadan 1433 Hijriyah jatuh Jumat besok 20 Juli 2012. Keputusan itu berbeda dari Nahdlatul Ulama, yang kemungkinan besar mengawali puasa pada Sabtu lusa 21 Juli 2012.

Bagi Gerakan Pemuda Ansor, perbedaan awal Ramadan adalah masalah keyakinan. GP Ansor menghormati warga Muhammadiyah yang akan mengawali puasa Ramadhan terlebih dahulu, dari umat Islam lainnya dan pemerintah.

"Masalah ibadah itu masalah keyakinan. Ansor menghargai dan menghormati keputusan yang diambil Muhammadiyah. Kendati kami akan ikut hasil ru'yah pemerintah. Apapun hasilnya," kata Ketua Umum GP, Ansor Nusron Wahid, Kamis 19 Juli 2012.

Bagi Nusron, perbedaan pendapat dan keyakinan dalam beragama, apalagi hanya menyangkut penetapan awal puasa dan lebaran merupakan hal yang biasa. Menurut Nusron, antara NU, Muhammadiyah dan umat lainnya mempunyai metodologi dan paradigma masing-masing.

"Inilah bagian dari konsep Islam yang rahmatal lil alamin. Semua pasti ada hikmat dan manfaatnya," kata Nusron Wahid yang juga anggota Fraksi Partai Golkar ini.

Karena itu, Ansor berharap masalah perbedaan ini tidak dibesar-besarkan dan ditafsirkan yang berlebihan. "Masing kelompok punya pendapat dan hak menafsirkan. Jangan jadikan masalah ini memperuncing problem keumatan di bawah. Ini masalah biasa," kata dia.

Meski keputusan puasa dari Muhammadiyah sudah dikeluarkan, pemerintah belum mengeluarkan keputusan. Petang ini, pemerintah dan jajaran ormas lainnya masih menggelar sidang itsbat untuk menentukan awal puasa. (ren)

Tips Aman Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran, Jangan Lupa Pasang CCTV
Tyas Mirasih.

Sambil Menangis, Tyas Mirasih Ungkap Kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina

Sambil menangis haru, Tyas Mirasih mengungkap kebaikan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina langsung di hadapan Raffi di sebuah acara.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024