Kapolda: Ketahuan Main Mercon Bisa Ditahan

Ilustrasi Petasan
Sumber :

VIVAnews - Menyulut petasan atau mercon seakan menjadi tradisi masyarakat menyambut datangnya Bulan Ramadan. Namun, Kapolda Metro Jaya, Inspektur Jenderal Untung S Rajab menegaskan, warga tak boleh menyalakan mercon. Sebab, selain membuat kebisingan, mercon juga dapat membahayakan orang lain.

Untuk itu dia meminta, selama bulan Ramadan, masyarakat tertib agar dapat menjalankan ibadah dengan nyaman dan tenang.

Jika ditemukan ada yang menyalakan, maka pihaknya akan bertindak tegas berupa penahanan. "Yang ketahuan menyalakan Mercon akan kami tindak berupa penahanan hingga habis lebaran. Dari segi keamanan, mercon ini sudah terbukti berbahaya, setiap tahun ada korban karena mercon, sampai luka berat," ujar Untung, Kamis 19 Juli 2012.

Selain faktor keamanan, mercon, kata Untung juga merugikan masyarakat pasalnya dengan membeli mercon merupakan pemborosan karena benda tersebut dibakar dan cepat habis. Jika melihat korelasi dengan kehidupan masyarakat sekarang ini, masih banyak yang sulit untuk membeli beras karena tidak memiliki uang.

Mercon, lanjut Untung juga sangat tidak etis dan tidak produktif untuk para penggunanya. "Intinya dilarang dan ditindak tegas jika terbukti menggunakan," jelas Untung.

Di dalam Undang-undang darurat, perusahaan yang memproduksi kembang api harus memenuhi syarat tertentu seperti tidak melebihi 20 miligram unsur mesiu dan berdiameter maksimal 2 inci atau sekitar 5,08 sentimeter.

Sementara jika ingin memproduksi ataupun menggunakan kembang api berdiameter besar (lebih dari 2 inci), perusahaan tersebut harus memiliki izin khusus yang diterbitkan oleh Mabes Polri. Kembang api jenis ini biasa dilakukan untuk sebuah perayaan dan harus diledakkan oleh juru ledak khusus. (eh)

Megawati Kirim Surat Amicus Curiae kepada MK, Ganjar Sebut Terilhami Sosok Kartini
CEO X Elon Musk.

Elon Musk Kirim 'Surat Cinta' untuk Pengguna Baru X

CEO X Elon Musk pada Senin, 15 April 2024 mengusulkan sedikit biaya bagi pengguna baru untuk menulis, membalas, atau menyukai postingan.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024