Sore Ini Pemerintah Tentukan Awal Ramadan

Menentukan awal puasa
Sumber :
  • U-Report

VIVAnews - Pemerintah akan memutuskan awal Ramadan 1433 Hijriah lewat sidang isbat pada Kamis 19 Juli 2012. Sidang penentuan awal bulan puasa ini juga mengundang berbagai organisasi massa Islam di Indonesia.

"Nanti sore sekitar jam lima akan digelar sidang isbat di Kementerian Agama, kami juga diundang," kata Ketua Majelis Ulama Indonesia, Amidan saat berbincang dengan VIVAanews.

Menurut dia, penetapan awal Ramadan ini menunggu hasil rukyah bil fi'li atau melihat bulan secara langsung yang dilakukan di sejumlah titik di wilayah Indonesia. Setelah ada laporan dari lapangan, sidang isbat digelar. "Jika tidak ada laporan terlihatnya hilal, maka belum bisa diputuskan awal Ramadan," katanya.

Namun, lanjut dia, jika bulan dilaporkan sudah terlihat, maka akan diputuskan keesokan harinya sudah memasuki Ramadan. "Nanti penetapannya melalui keputusan Menteri Agama," katanya.

Meski pemerintah belum menetapkan awal Ramadan, sejumlah ormas Islam telah menetapkan jatuhnya awal Ramadan. Muhammadiyah menetapkan 20 Juli 2012 sebagai awal puasa. Sementara itu, Jamaah Naqsabandiyah di Padang telah berpuasa Ramadan sejak kemarin.

Prabowo Makin 'Gemoy' Kuasai Parlemen Jika PKB dan Nasdem Gabung Koalisi
Salshabilla Adriani

Dituding Jadi Selingkuhan Rizky Nazar, Ini Jawaban Salshabilla Adriani

Salshabilla Adriani menjelaskan, isu itu timbul setelah dirinya bersama sejumlah teman, termasuk Rizky Nazar dan kekasihnya Syifa Hadju, melakukan perjalanan ke Bali.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024