Grasi Andrew 'Bali Nine' Sudah Diajukan

Bali Nine : Andrew Chan
Sumber :
  • ANTARA/Nyoman Budhiana

VIVAnews - Humas Pengadilan Negeri (PN) Denpasar Amzer Simanjuntak menegaskan pengajuan grasi oleh anggota 'Bali Nine' sudah diteruskan oleh instansinya. Kini, surat pengajuan grasi itu telah diterima oleh Mahkamah Agung (MA), untuk diteruskan kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Berkas pengajuan grasi Andrew Chan sudah dikirim," kata Amzer saat dihubungi VIVAnews, Selasa 10 Juli 2012. Pengajuan grasi itu, menurut Amzer, merupakan hak terpidana. PN Denpasar sendiri hanya menjalankan prosedur belaka.

Segala keputusan, sambung Amzer, ada di tangan presiden. "Kami hanya menjalankan prosedur saja, karena itu hak prerogatif presiden," tutur Amzer.

Jika pengajuan grasi oleh Andrew Chan sudah dikirim, beda halnya dengan pengajuan grasi yang dimintakan oleh anggota 'Bali Nine' lainnya, Myuran Sukumaran.

Berkas terpidana mati penyelundup 8,2 kilogram heroin di Bali itu masih diprose PN Denpasar. "Berkas pengajuan Myuran baru kami terima pada Jumat 6 Juli 2012. Jadi belum kami ajukan karena masih kami proses terlebih dulu di sini (PN Denpasar)," jelas Amzer.

Sebelumnya, Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsuddin mengatakan belum ada permintaan grasi dari anggota kelompok pengedar heroin, yang dikenal dengan nama 'Bali Nine' itu kepada pemerintah.

Amir menegaskan, sampai saat ini, pemerintah belum mempertimbangkan permintaan grasi itu, karena belum ada permohonan yang masuk. "Belum dipertimbangkan soal itu," kata Amir.

Grasi itu diajukan setelah pemerintah memberikan pengurangan hukuman penjara hingga lima tahun buat warga negara Australia, Schpelle Leigh Corby yang dipidana kasus narkoba. "Boleh saja. Tapi itu butuh berbagai pertimbangan termasuk dari MA," katanya.

Jadi, belum ada usulan dari pemerintah? "Belum," ujarnya. Myuran Sukumaran dan Andrew Chan merupakan dua orang terpidana mati dari sembilan orang yang tergabung dalam kelompok "Bali Nine". Sebutan kelompok Bali Nine diberikan kepada sembilan warga Australia yang ditangkap pada 17 April 2005 di Bali karena berusaha menyelundupkan 8,2 kilogram heroin.

Timnas Indonesia Moncer! Bung Towel Tetap Kasih Nilai Jeblok ke STY: 6,5 dari 10
Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak

Polisi Ungkap Motif TikToker Galih Loss Buat Konten Diduga Menistakan Agama

TikToker Galih Loss ditangkap polisi buntut kontennya yang diduga menistakan agama.

img_title
VIVA.co.id
24 April 2024