Alasan Dekan FK UI Dikembalikan ke Kemenkes

Konferensi Pers Universitas Indonesia
Sumber :
  • VIVAnews/Fernando Randy

VIVAnews - Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Dr dr Ratna Sitompul resmi meninggalkan jabatannya. Ratna dikembalikan UI ke instansi asalnya di Kementerian Kesehatan.

UI menegaskan, pengembalian Ratna ke instansi asalnya itu tidak terkait dengan sikap vokalnya yang sering mengadukan dugaan korupsi di UI ke Komisi Pemberantasan Korupsi.

"Tidak ada kaitannya dengan itu. Pemberhentian ini karena masa jabatan yang bersangkutan sudah selesai sejak 22 April 2012," kata Juru Bicara UI, Siane Indriani, kepada VIVAnews, Selasa 10 Juli 2012.

Siane menjelaskan, Ratna Sitompul menjabat sebagai Dekan FK UI sejak 22 April 2008. Selama di UI, Ratna diperbantukan pada FK UI sebagai dosen luar biasa dan mendapat tambahan sebagai Dekan FK UI periode 2008-2012.

"Pengembalian ini dimaksudkan agar masa kerja dan tugasnya di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia tidak terhambat. Dengan pengembalian ini, rektor menyampaikan ucapan terima kasih atas bakti Dr dr Ratna Sitompul di Fakultas Kedokteran UI," jelasnya.

Untuk mengisi kekosongan kursi di FK UI, Rektor Gumilar Rusliwa Somantri pun mengangkat dr Priyo Sidipratomo sebagai Pjs Dekan FK UI. Ditugaskan untuk melaksanakan tugas-tugas sebagai Dekan FK UI.

Selain itu, Priyo ditugaskan mempersiapkan pelaksanaan pemilihan Dekan FK UI. "Serta melaksanakan tugas-tugas lain yang dianggap penting sesuai dengan ketentuan yang berlaku di Universitas Indonesia."

Pemilihan dekan dijadwalkan segera dilaksanakan secara demokratis melalui Senat Akademik Fakultas. Hingga 3 Agustus 2012 telah terjaring tiga nama calon Dekan FK UI yang nantinya akan dipilih, salah satunya menjadi dekan definitif. (art)

Indonesian Rupiah Exchange Rate Increases
Juru Bicara MK, Fajar Laksono.

MK Sebut Sidang Sengketa Pileg Dimulai 29 April 2024

Mahkamah Konstitusi (MK) menyebut sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) untuk calon anggota legislatif atau sengketa Pileg 2024 bakal dimulai 29 April 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024