Bukan Gelombang Panas yang Ancam Indonesia

Wanita di tengah cuaca panas
Sumber :
  • inmagine

VIVAnews -- Setengah wilayah Amerika Serikat menderita akibat cuaca panas ekstrem, dengan suhu lebih dari 37,7 derajat Celcius, hingga lebih dari 40 derajat.

Ditambah dengan pemutusan hubungan listrik, menjadi kombinasi mematikan yang menewaskan lebih dari 30 orang. Bagaimana di Indonesia yang mulai memasuki musim kemarau, mungkinkah gelombang panas terjadi?

Sub Bidang Cuaca Ekstrim Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kukuh Ribudiyanto menjelaskan, gelombang panas bisa dikatakan jarang terjadi di Indonesia. Meski suhu udara 37 hingga 39 derajat sering terjadi di Indonesia bagian Timur, misalnya Kupang, NTT.

Di musim kemarau ini, El Nino berpotensi terjadi di bulan Agustus. "Tapi lemah, dampaknya belum kelihatan ke Indonesia bagian timur," kata dia saat dihubungi VIVAnews, Minggu 8 Juli 2012.

Kukuh menambahkan, dalam sejarah di Indonesia, suhu paling tinggi mencapai 38 hingga 39 derajat Celcius. "Dari data puluhan tahun. Kalau di Australia timur gelombang panas bisa saja terjadi. Namun di ekuator, itu jarang terjadi, bahkan maksimal 37-39 derajat Celcius."

Dia menjelaskan, cuaca panas bisa terjadi di musim kemarau saat matahari berada dekat dengan bumi. "Dan tidak ada halangan, misalnya awan, suhu bisa tinggi. Suhu permukaan juga mempengaruhi, misalnya karena tak ada tanaman jadi cepat panas."

Pembakar Al-Quran Salwan Momika 'Diusir' dari Swedia, Kini Pindah ke Norwegia

Cuaca panas sebelumnya pernah, Sumatera Utara, mencapai 37 derajat Celcius. Itu yang tertinggi sejak tahun 1977.

Ancaman yang harus diwaspadai di musim kemarau, adalah kebakaran hutan. "Akibat ada kekeringan di sana," kata Kukuh.

BMKG juga melakukan sejumlah tindakan untuk mengantisipasi ancaman itu. "Ada koordinasi dengan kehutanan, pertanian, BMKG selalu informasikan potensi yang mudah terbakar," tambah dia.

Asap akibat kebakaran di Indonesia tak hanya menyebabkan gangguan pernafasan, tapi juga dikeluhkan negara-negara tetanggap.

Baca juga:

(ren)

Jokowi Yakin Indonesia Bisa Dapat 61 Persen Saham Freeport Indonesia, Meski Alot Negosiasinya
Duel Vietnam vs Timnas Indonesia

Menakar Peluang Timnas Indonesia Lolos ke Piala Dunia 2026, Ada Berapa Tahap Lagi?

Harapan pecinta sepakbola melihat Timnas Indonesia berlaga di Piala Dunia kembali muncul. Masih ada berapa tahap lagi untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026?

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024