NASIONAL

2 Anggota TNI AL yang Tewas Akan Naik Pangkat

TNI AL membantah ada kelalaian.

ddd
Sabtu, 7 Juli 2012, 21:02
Bagian simulasi latihan kapal selam
Bagian simulasi latihan kapal selam (VIVAnews/Tudji Martuji)

VIVAnews - Dua anggota TNI Angkatan Laut gugur dalam tugas saat simulasi penyelamatan dari kapal selam KRI Cakra yang ditenggelamkan di dasar laut dengan kedalaman sekitar 21 meter. Kedua anggota itu akan dipertimbangkan untuk naik pangkat. TNI AL membantah ada kelalaian.

"Kenaikan pangkat itu, pimpinan nanti juga akan melihat. Yang jelas, keduanya ini sangat heroik. Gugur dalam tugas," kata Kepala Pusat Penerangan TNI Angkatan Laut, Laksamana Untung Suropati, dalam perbincangan dengan VIVAnews, Sabtu 7 Juli 2012.

Menurut Untung, sebelum latihan atau simulasi penyelamatan itu, tim sudah melakukan tahap persiapan di pangkalan. Tahap persiapan menggunakan simulator. Hingga kini, belum diketahui penyebab keduanya meninggal dunia.

"Latihan ini memang cukup berbahaya. Menyelamatkan dari perut kapal selam yang duduk di dasar laut," ujar Untung lagi. Latihan atau simulasi penyelamatan awak kapal selam KRI Cakra itu dilakukan di perairan Situbondo, Jawa Timur.

Latihan ini berlangsung selama dua hari. Pada hari pertama kemarin, kata Untung, semua berjalan lancar. Lalu, apakah ada dugaan kelalaian dalam latihan ini? "Tidak, semua prosedur sudah dilewati," ujar dia.

Dua jenazah kru KRI Cakra yang meninggal dunia itu sudah dalam perjalan pulang ke rumah duka masing-masing. Satu jenazah dibawa ke rumah duka di Sidoarjo, satu lainnya ke Jakarta. (eh)

 



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
antonius
12/09/2012
biasa deh, ada prajurit meninggal paling gampang caranya menghibur ya dinaikkin pangkat, pdhl alat2xnya udah jadul atau kurang persiapan...
Balas   • Laporkan
siska757
08/07/2012
pasti aluvistanya jadul itu.
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Info Pemasangan Momentum:
Telepon: 021-5610-1555 / Sales
Email: salesteam@vivanews.com