Kemenkeu Masih Kantongi Nama PNS Nakal

Gedung kementerian Keuangan
Sumber :
  • VIVAnews/Anhar Rizki Affandi

VIVAnews - Kementerian Keuangan masih mengantongi nama-nama pegawai nakal yang akan ditindak. Ini merupakan tindak lanjut 'bersih-bersih' yang dilakukan instansi bendahara negara itu.

Inspektur Jenderal Kementerian Keuangan, Sonny Loho menjelaskan, oknum pegawainya itu memiliki indikasi melakukan penyelewengan berat. Untuk itu, pihaknya kembali bekerja sama dengan pihak berwenang, khususnya Komisi Pemberantasan Korupsi dalam melakukan eksekusi.

"Jumlahnya tidak banyak. Kerja sama dengan KPK, yang memiliki indikasi fraud yang relatif berat. Jika yang lain, bisa diurus sendiri," ujarnya di gedung DPR, Jakarta, Selasa 3 Juli 2012.

Menurutnya, informasi oknum nakal itu didapatkan dari berbagai pihak, dan terus disaring siapa yang nantinya akan ditindaklanjuti Irjen dan KPK.
"Yang tertangkap itu sudah menjadi incaran, ketika ada pengaduan kita follow up," tambahnya.

Sonny mencontohkan bentuk penyelewengan yang dimaksud yaitu segala tindakan yang berpotensi merugikan negara, seperti memanipulasi data atau pun menerima suap untuk memuluskan proyek.

Ekonomi Tumbuh 5,6% di 2024, Pemprov DKI Yakin Bisa Atasi Inflasi

Penindakan penyelewengan itu, kata dia, bukanlah hal yang mudah. Sebab, saat ini penyelewengan yang dilakukan sudah dalam tahap sistemik. Untuk itu, Kemenkeu terus menekankan prinsip integritas dalam reformasi birokrasi yang dilakukan untuk meminimalisir penyelewengan.

"Sebagian ada yang berpikir, yang salah saja dianggap benar. Terima gratifikasi dan lain-lain dianggap menerima, bukan meminta. Tapi kan, itu tetap tidak boleh. Ada yang masih berpikir seperti itu, karena lingkungannya seperti itu," tuturnya. (asp)

Pemain Real Madrid, Joselu

Man Utd Incar Penyerang Tua yang Bela Real Madrid

Manchester United tertarik pada penyerang tengah yang musim ini bermain untuk Real Madrid, Joselu. Man Utd sedang berupaya mencari celah guna mendapatkan pemain buruannya

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024