Kasus di AS, Obat GSK Mungkin Beredar di RI

Markas GlaxoSmithKline (GSK) di London
Sumber :
  • Reuters/ Toby Melville

VIVAnews - Wakil Menteri Kesehatan, Ali Gufron Mukti, mengatakan sejumlah obat-obatan produksi GlaxoSmithKline Plc (GSK) beredar di Indonesia. Produsen obat asal Inggris itu telah lama memasok berbagai obat ke dalam negeri.

"GlaxoSmithKlin lama memasok obat, dia perusahaan besar. Tentu ada beberapa produknya yang beredar di Indonesia," kata Ali Gufron saat berbincang dengan VIVAnews, Selasa 3 Juli 2012.

Sebelumnya, GSK mengakui bersalah atas tuduhan tindak kriminal karena melakukan penipuan kesehatan di Amerika Serikat. GSK dituding memasarkan obat-obatan yang belum mendapat izin.

GSK harus membayar denda US$3 miliar karena melakukan penipuan kesehatan yang disebut sebagai yang terbesar sepanjang sejarah AS. Perjanjian pembayaran denda--yang masih membutuhkan persetujuan pengadilan--ini akan menyelesaikan tuduhan bahwa GSK telah melanggar hukum AS dalam memasarkan dan mengembangkan obat-obatan.

GSK telah memasarkan obat antidepresi Paxil pada pasien di bawah usia 18 tahun, padahal obat ini hanya dibolehkan untuk orang dewasa. GSK juga memasarkan obat Wellbutrin untuk tujuan yang tidak disetujui otoritas kesehatan, termasuk penurunan berat badan dan terapi disfungsi seksual.

Ali Gufron mengatakan, GSK memang telah lama beroperasi di Indonesia. Lebih dari sepuluh tahun. Namun demikian, Ali Gufron mengaku belum mengetahui apakah di Indonesia beredar pula dua obat yang jadi masalah di AS tersebut. "Nanti kita cek, termasuk apakah obat yang seharusnya dipasarkan untuk dewasa apakah dijual untuk anak di bawah umur," katanya. "Mungkin saja obat itu juga beredar di sini."

Menurut dia, seluruh obat dan makanan yang masuk ke Indonesia pasti melalui proses seleksi yang ketat. Indonesia telah memiliki Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) untuk menyaring masuknya berbagai obat dan makanan dari luar ke dalam negeri.

"Pasti diverifikasi untuk prosedur, pasti dicek. Kalau tidak memenuhi standar kita larang beredar masuk ke Indonesia," tutur Ali Gufron.

Kementerian Kesehatan, tambah dia, secepat mungkin akan memastikan peredaran obat GSK yang diduga bermasalah di AS tersebut. Jika memang ditemukan pelanggaran, pemerintah tidak segan akan memberikan sanksi.

"Kalau ada pelanggaran pasti ada sanksinya, tapi saya tidak bisa mendahului sebelum ada klarifikasi," katanya.

Prediksi Serie A: Lazio vs Juventus
Harvey Moeis, suami dari artis Sandra Dewi ditetapkan sebagai tersangka korupsi

Suami Sandra Dewi Tersandung Korupsi Timah, Aiman Senang Kasusnya Disetop 

Kasus korupsi tata niaga timah yang menjerat suami Sandra Dewi, Harvey Moeis jadi sorotan, Wapres Ma'ruf Amin buka suara soal jemaah umrah WNI yang ditangkap di Saudi

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024