Lebaran, Maskapai Ajukan 100 Ekstra Terbang

Terminal II Bandara Internasional Soekarno Hatta, di Tangerang, Banten
Sumber :
  • Antara/ Widodo S Jusuf

VIVAnews- Sejumlah maskapai penerbangan baik nasional maupun asing banyak mengajukan permohonan penambahan frekuensi terbang dari Bandara Soekarno Hatta pada musim liburan sekolah dan menjelang masa angkutan lebaran. Lebih dari 40 permohonan tambahan untuk musim liburan di bulan Juli dan 100 permohonan untuk angkutan lebaran.

Menurut Corporate Secretary PT Angkasa Pura II Trisno Heryadi, kota-kota tujuan terbanyak untuk musim libur bulan Juli adalah Kendari, Ujung Pandang dan Denpasar. Sedangkan permintaan ekstra flight untuk masa angkutan lebaran pada Agustus mencapai lebih 100 permohonan, didominasi penerbangan asing untuk rute penerbangan internasional.

Maskapai tersebut antara lain Qantas Airways sebanyak 2 penerbangan (flights), Singapore Airlines (20 penerbangan), Tiger Air (10 penerbangan), Korean Air (2 penerbangan),  Value Air (6 penerbangan), China Southern (8 penerbangan), serta Cathay Pacific (27 penerbangan).

”Untuk maskapai nasional, permintaan extra flights Lebaran saat ini masih didominasi Garuda Indonesia dengan 46 flights tujuan Padang, Jogjakarta, Denpasar dan Singapura. Ada kemungkinan akan ada peningkatan nantinya,” ujarnya dalam keterangan tertulisnya, Selasa, 3 Juli 2012.

Bandara Soekarno Hatta melayani 51,5 juta pergerakan penumpang sepanjang tahun 2011. Bandara terbesar di Indonesia itu menjadi kontributor tertinggi pergerakan penumpang menuju Palembang, Pekanbaru, Pontianak, Padang, maupun kota-kota besar lain di Indonesia.

Namun untuk saat ini, Angkasa Pura II baru menerapkan perpanjangan jam operasional terhadap empat bandara yaitu Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II (SMB II) Palembang, Sultan Syarif  Kasim II (SSK II)
Pekanbaru, Supadio Pontianak dan Minangkabau Padang.

Penyesuaian pada bandara lain, menurutnya, akan dilakukan mengikuti tren pertumbuhan serta kesiapan infrastruktur bandara terkait yang antara lain meliputi ketersediaan kapasitas terminal, apron, serta sumberdaya manusia.

”Secara infrastruktur, keempat bandara yang kita tambah jam operasionalnya telah siap. Pengembangan kapasitas, khususnya terminal penumpang di Palembang, Pontianak dan Pekanbaru, sudah masuk tahap penyelesaian. Untuk Bandara Minangkabau pengembangannya sudah diselesaikan sejak tahun 2011 lalu,” paparnya.

Selain keempat bandara tersebut, sebelumnya Angkasa Pura II telah membuka pelayanan jam operasional selama 24 jam terhadap pada tiga bandara lain, yaitu Soekarno-Hatta, Halim Perdanakusuma, serta Bandara Polonia di Medan. (eh)

Serangan Balik Shin Tae-yong ke Pemain Vietnam: Dia Tidak Bisa Baca
Bambang Soesatyo

Bamsoet Ingatkan AHY soal Mafia Tanah Kerap Berkolaborasi dengan Mafia Peradilan

Bamsoet mengingatkan Menteri Agraria AHY bahwa tidak jarang dalam melakukan operasinya, para mafia tanah ini juga berkolaborasi dengan mafia peradilan.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024