Kisruh Daftar Pemilih Ancam Pilkada DKI

Poster kampanye peserta Pilkada DKI Jakarta
Sumber :
  • Antara/ Zabur Karuru

VIVAnews - Persiapan pelaksanaan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta 11 Juli terganjal. Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akhirnya memutuskan memundurkan jadwal persiapan selama tiga hari dari rencana awal.

Ketua Kelompok Kerja Pendataan Pemilih KPU DKI Jakarta Aminullah, mengatakan ada dua kendala utama yang mengganggu persiapan pemilihan, yakni penetapan daftar pemilih tetap (DPT) dan persiapan logistik.

Kendala pertama terkait sidang pengadilan tuduhan pelanggaran etika dalam penetapan daftar pemilih yang saat ini masih digelar di Dewan Kehormatan Pengawasan Pemilu. Pihak penyelenggara, yakni KPU DKI Jakarta, diadukan oleh tiga tim sukses pasangan calon gubernur Jokowi-Ahok, Hidayat-Didik, dan Alex-Nono.

Soal persiapan logistik, KPU DKI Jakarta mengaku terhambat proses produksi lima elemen fisik, yakni surat suara, salinan DPT, berita acara, kartu pemilih, dan tinta. "Ada masalah, namun sudah bisa kami atasi, dan kini telah rampung," ujar Aminullah di Jakarta, Selasa 3 Juli 2012.

Menurut dia, kelimanya telah mulai didistribusikan ke kota dan kabupaten penyelenggara pemilihan sejak Jumat lalu. Targetnya, pada H-3 seluruhnya sudah diterima di kelurahan. "Pada H-1, logistik sudah siap di tempat pemungutan suara (TPS)," dia menerangkan.

Ketua KPU Provinsi DKI Jakarta Dahliah Umar pada akhir pekan lalu mengatakan pihaknya mendahulukan distribusi logistik ke Kepulauan Seribu karena memperhitungkan faktor cuaca. Mengutip ramalan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika, Dahlilah memperkirakan akan terjadi ombak besar di laut pada hari-hari menjelang 11 Juli 2012.

Adapun bilik suara, kotak suara, dan alat tulis sudah dikirim seluruhnya ke enam wilayah Ibukota. Sesuai dengan jumlah DPT Pemilukada DKI 2012 yang ditetapkan, yakni sebanyak 6.983.692 orang, KPU menyediakan 15.059 tempat pemungutan suara.

Bilik suara akan disediakan dua buah di setiap TPS atau sejumlah 30.118 bilik. Sedangkan wadah kertas suara akan menggunakan kotak alumunium bekas pemilu legislatif dan presiden pada 2009.

Khusus untuk tinta, baru akan didistribusikan satu pekan sebelum pemungutan suara. Suhu penyimpanan tinta dipastikan harus stabil. Dia menambahkan, soal kasus mudah lunturnya tinta di jari pemilih, itu karena penyimpanan yang kurang baik. "Kalau suhunya tidak stabil, tinta mudah dihapus," katanya.

Update Rekapitulasi KPU: Prabowo-Gibran Unggul di Maluku
Ade Paloh

Profil Ade Paloh Vokalis Band Sore yang Meninggal Dunia

Dunia musik Indonesia berduka atas kepergian Ade Paloh, vokalis band Sore. Pemilik nama asli Firza Achmar Paloh tersebut meninggal dunia pada Selasa, 19 Maret 2024.

img_title
VIVA.co.id
19 Maret 2024