Posko Saweran untuk KPK Resmi Dibuka

KPK
Sumber :
  • VIVAnews/Tri Saputro

VIVAnews - Posko koalisi saweran untuk gedung baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) resmi didirikan di depan lobi gedung KPK, Jalan HR Rasuna Said, Jakarta, pada Jumat 29 Juni 2012.

Menurut koordinator penggalangan dana, Illian Deta Arta Sari, pengumpulan dana untuk KPK hanya dilakukan di posko. Bukan di jalanan. "Kalau ada yang di jalanan, bukan bagian dari kami," kata Illian di gedung KPK, Jakarta.

Tapi pihaknya tidak bisa melarang masyarakat yang memang mendukung dan sudah melakukan penggalangan dana. "Yang kami harapkan sebisa mungkin menghubungi koalisi saweran KPK ini," ucapnya.

Posko koalisi saweran akan dibuka setiap hari kerja dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB. Dan setiap dana yang masuk per hari akan dipublikasi setelah pukul 15.00 WIB.

Koalisi juga membuka rekening bagi masyarakat yang ingin menyumbangkan, tanpa harus datang ke posko. Rekening BNI cabang Melawai Raya, nomor 0056124374 atas nama perkumpulan ICW.

Mantan Menteri Perindustrian Fahmi Idris menjadi orang pertama yang menyumbang di posko saweran KPK ini. Fahmi yang tiba sekitar pukul 09.45 WIB menyumbang dalam bentuk cek BNI senilai Rp5 juta.

"Jumlahnya menggunakan cek lihat saja sendiri ceknya, ente udah lihat kan berapa jumlahnya," kata Fahmi sambil menunjukkan angka pada cek tersebut.

Fahmi mengatakan bahwa dirinya mendukung penuh pendirian gedung baru bagi lembaga pemberantas korupsi ini. Sekaligus menyampaikan kekecewaan terhadap DPR yang belum merespon permintaan KPK terkait pengadaan gedung.

"Maka saya juga sudah mengajak rekan-rekan saya dan para pengusaha. Tapi mungkin tidak hari ini," ujar Fahmi.

Politikus Partai Golkar itu juga sudah mengetahui mengenai batasan maksimal sumbangan Rp10 juta. Karena itu dia akan menggilir pemberian sumbangan ini melalui pihak keluarganya.

"Misalnya minggu depan saya suruh anak saya atau teman saya menyumbang sesuai aturan," kata Fahmi. (umi)

Rusia Sebut AS Buru-buru Tuduh ISIS Atas Serangan Gedung Konser di Moskow
Sandra Dewi dan Suaminya, Harvey Moeis

Wawancara Lawasnya Jadi Sorotan, Sandra Dewi Ogah Disebut Hidup Bak di Negeri Dongeng

Kehidupan pribadi Sandra Dewi mendadak jadi sorotan pasca penetapan status tersangka suaminya, Harvey Moeis oleh Kejaksaan Agung.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024