Tahun Ini Muhammadiyah Tak Ikut Sidang Isbat

Petugas melihat hilal di Pantai Ambat, Pamekasan, Madura
Sumber :
  • Antara

VIVAnews - Untuk pertama kalinya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah tidak akan mengikuti sidang isbat yang merupakan pertemuan sejumlah organisasi keagamaan dalam menentukan awal bulan Puasa atau Hari Raya Idul Fitri.

Netizen Murka Disebut Suara Paslon 02 Nol: Mungkin Aku yang Dimaksud Angin Tak ber-KTP

Ketua Umum PP Muhammadiyah, Din Syamsuddin, menilai organisasinya tak perlu ikut sidang isbath yang lebih banyak berisi pikiran-pikiran subyektif pemerintah. 

"Kami tidak ikut sidang isbath. Biasanya tidak ada musyawarah dan tidak ada diskusi," kata Din Syamsuddin di Gedung Mahkamah Konstitusi (MK), Jakarta, Rabu 27 Juni 2012.

Pemudik Harus Hati-hati, Ada 19 Perlintasan Kereta Api di Brebes Tanpa Palang Pintu 

Selain besarnya faktor subyektifitas, Din juga menuding, pemerintah tidak mengayomi seluruh umat Islam di Indonesia. "Seharusnya pemerintah mengayomi seluruh umatnya yang berbeda pendapat," ujarnya.

Terkait rencana mundurnya Muhammadiyah dalam Sidang Isbat, Din mengaku sudah mengirim surat ke Kemeterian Agama. "Muhammadiyah sejak tahun lalu sudah mengirimkan surat tidak akan ikut sidang isbath," kata Din.

Tak Dapat Izin, Bantuan Kemanusiaan RI untuk Gaza Diterjunkan AU Yordania

Muhammadiyah sendiri sudah memutuskan hari pertama Ramadhan, awal puasa, diperkirakan jatuh pada tanggal 20 Juli 2012. Diakui Din, lembaganya tak begitu saja menetapkan hari pertama puasa tanpa perhitungan yang jelas. 

"Muhammadiyah tidak bisa menetapkan kapan satu Ramadhan, kapan satu Syawal, bahkan sampai 100 tahun yang akan datang. Karena ilmu falakh, astronomi itu ilmu pasti. Al Quran menyuruh kita untuk pandai berhitung," kata dia.

Xabi Alonso

Peluang Liverpool Gaet Xabi Alonso Mengecil

Keinginan Liverpool mendatangkan Xabi Alonso untu musim depan nampaknya menjadi semakin kecil. Karena dikabarkan pelatih asal Spanyol itu mau bertahan di Bayer Leverkusen

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024