Setelah Jatuh, Pesawat Fokker 27 Digudangkan

Pesawat Fokker 27 milik TNI AU
Sumber :
  • photobucket

VIVAnews - Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono mengatakan, lima unit pesawat Fokker 27 yang masih dimiliki TNI Angkatan Udara sudah tidak akan dioperasikan lagi.

Menurut Agus, untuk menggantikan pesawat Fokker 27 buatan tahun 1975 itu, TNI sudah memesan 10 unit CN295. Realisasinya akan dilakukan secara bertahap.

"Penggantinya, CN295, yang sudah dipesan melalui PT Dirgantara Indonesia. Rencananya Agustus atau September, 2 pesawat CN295 akan diserahkan ke TNI AU," kata Agus di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Selasa 26 Juni 2012.

Agus menambahkan, terkait pengadaan dan besaran biayanya tidak ditangani oleh TNI. Melainkan Kementerian Pertahanan. "Dananya Kemenhan yang tahu," imbuhnya.

Dia berharap, keputusan meng-grounded atau menggudangkan lima pesawat Fokker 27 tidak akan mengganggu operasional TNI. "Semua akan kita atur sedemikian rupa, sehingga penggunaan pesawat disuaikan dengan kebutuhan operasi," ujarnya.

TNI AU sebelumnya memiliki tujuh buah pesawat Fokker 27. Namun satu pesawat jatuh pada tahun 1999. Sementara terakhir pesawat ini jatuh, Kamis 21 Juni 2012 di kompleks perumahan Halim Perdanakusuma, yang menewaskan 11 orang dan 12 lainnya luka-luka. (eh)

Usut Penyebab Kebakaran Toko Frame di Mampang, Polisi Bakal Gelar Olah TKP Pekan Depan
Mansory Vespa Elettrica Monaco Edition

Mansory Sulap Vespa Elettrica Menjadi Skuter Mewah

Mansory, rumah modifikasi kenamaan asal Jerman kembali membuat gebrakan di dunia otomotif dengan meluncurkan Vespa Elettrica Monaco Edition. Skuter ikonik Italia ini menj

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024