Mesin Kiri Mati, Penyebab Fokker 27 Jatuh

Kecelakaan pesawat latih TNI-AU Fokker 27
Sumber :
  • ANTARA/Prasetyo Utomo

VIVAnews - Kepala Staf TNI Angkatan Udara, Marsekal Imam Sufaat menyatakan, pihaknya sudah melaporkan hasil investigasi sementara penyebab jatuhnya pesawat Fokker 27 kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

"Kita laporkan kronologi dan hanya prakiraan sementara. Tapi nanti detilnya kan di laboratorium," ujar Imam di Bandara Halim Perdanakusumah, Jakarta, Selasa 26 Juni 2012.

Dari hasil sementara, diketahui salah satu mesin Fokker 27 buatan tahun 1975 itu bermasalah. "Kalau berdasarkan data saya, soal engine. Kelihatannya mati yang kiri," jelasnya.

Pesawat Fokker 27 jatuh di kompleks perumahan Rajawali di sekitar Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta Timur, Kamis 21 Juni 2012 sekitar pukul 14.45 WIB.

Menurut warga bernama Ade, sebelum jatuh, pesawat terlihat terbang miring dan kemudian menghilang dari pengamatannya. Tak lama berselang, terdengar suara ledakan.

Senada dengan Ade, seorang saksi mata yang tak ingin disebutkan namanya juga mengatakan, sebelum jatuh pesawat terlihat terbang miring. "Seperti mau didaratkan ke sawah, tapi tidak sempat. Akhirnya jatuh ke permukiman," tuturnya, Kamis 21 Juni 2012.

Sementara, untuk saat ini sebanyak 5 pesawat Fokker 27 yang dimiliki TNI AU tidak diperbolehkan terbang hingga investigasi kecelakaan selesai. Hal ini langsung ditegaskan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sehari setelah kecelakaan.

"Jangan terbangkan dulu F-27. Kita sedangkan lakukan modernisasi dengan mendatangkan pesawat N295 dan membeli dari negara lain pesawat C130," SBY menegaskan, seperti dilansir di laman resmi Presiden.  (umi)

Honda BeAT Jadi Incaran Maling bukan karena Tidak Aman
Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Momen Akrab Prabowo dan Jokowi di Acara Bukber di Istana Negara

Menteri Pertahanan RI Prabowo Subianto menghadiri acara buka puasa bersama Ramadan 2024 yang digelar oleh Presiden RI Joko Widodo, di Istana Negara pada Kamis, (28/3).

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024