Mendagri Lantik Eks Menlu GAM Jadi Gubernur

Zaini Abdullah (kiri).
Sumber :
  • Antara/ Ampelsa

VIVAnews - Sebelum perdamaian dicapai di bumi Aceh, mereka yang bergabung dalam Gerakan Aceh Merdeka bakal dicap sebagai separatis, makar. Kini, angin perubahan di Serambi Mekah membuka ruang bagi para mantan kombatan menjadi pemimpin dan berkontribusi dalam pembangunan.

Setelah Irwandi Yusuf yang adalah mantan Staf Khusus Komando Pusat Tentara GAM, kini giliran dua mantan kombatan, Zaini Abdullah dan Muzakir Manaf yang dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Nanggroe Aceh Darussalam.

Zaini adalah bekas Menteri Luar Negeri Gerakan Aceh Merdeka. Sementara Muzakir Manaf adalah Panglima Tentara Naugara Aceh (TNA). Keduanya secara resmi dilantik oleh Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi. Mereka berdua akan memimpin Aceh selama lima tahun ke depan, setelah menang dalam Pemilukada Aceh 9 April 2012 lalu.

Mendagri dalam sambutannya berharap agar keduanya dapat membangun Aceh lebih baik ke depan. Gamawan juga meminta seluruh rakyat Aceh untuk mendukung pemimpin baru mereka.

"Kepada Bapak gubernur dan wakil gubernur kami berharap dapat bekerja dengan baik, saudara saat ini bukan hanya milik partai pengusung tetapi adalah milik seluruh rakyat Aceh, bekerjalah dengan baik bagi rakyat Aceh," kata Gamawan Fauzi, Senin 25 Juni 2012.

Dalam kurun waktu lima tahun, Gamawan berharap ke depan gubernur terpilih harus mampu membangun komunikasi baik dengan pusat maupun legislatif. Sebab selama lima tahun ke belakang Aceh selalu terlambat mengesahkan anggaran daerah.

"Ke depan kami harapkan komunikasi eksekutif dan legislatif lebih baik lagi agar pembangunan dapat dilakukan lebih baik lagi," kata dia.

Secara khusus Gamawan Fauzi juga memberikan apresiasi atas pelaksanaan pelantikan yang dihadiri oleh sejumlah anggota DPRI-RI, DPD-RI, tokoh Aceh dan nasional seperti Prabowo Subianto maupun perwakilan para negara sahabat.

"Belum pernah saya melihat tamu negara asing begitu banyak seperti ini selama 15 kali saya melantik kepala daerah, hanya di Aceh pelantikan gubernur dihadiri para tamu negara asing sebanyak ini," ujarnya. (umi)

Todung Mulya Lubis Ungkap Alasan Sri Mulyani Hingga Risma Dihadiri di Sidang MK
Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto. Muhammad AR/VIVA

Ketua DPRD Kota Bogor Dorong Pemerintah Beri THR Lebaran bagi Warga Terdampak Bencana

Ketua DPRD Kota Bogor mendorong agar pemerintah setempat memberi bantuan semacam "THR Lebaran" bagi 1.134 warga terdampak bencana tiga bulan terakhir ini.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024