NASIONAL

Kisah Warga Temukan Lorong Gunung Padang

Dadi menemukan celah sekitar 40 tahun lalu. Lorong batu mirip gua.

ddd
Sabtu, 23 Juni 2012, 17:09
Pintu menuju bangunan misterius di Gunung Padang ditemukan 40 tahun lalu
Pintu menuju bangunan misterius di Gunung Padang ditemukan 40 tahun lalu (VIVAnews/ Muhamad Solihin)

VIVAnews - Uji geolistrik dan georadar menemukan anomali diduga gerbang setinggi 19 meter menuju sebuah kamar (chamber). Obyek itu kini menjadi fokus ekskavasi yang dilakukan Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang hari ini. 

Sebelum pengujian dengan teknologi canggih dan termutakhir, Dr. Pon Purajatnika Ketua Ikatan Arsitek Indonesia, Jawa Barat, yang menjadi bagian tim mengaku, mendapat masukan dari masyarakat mengenai keberadaan celah yang diperkirakan berupa pintu masuk ke bagian perut struktur Gunung Padang.

Adalah Dadi (52), juru kunci Gunung Padang yang menemukan pintu masuk itu, 40 tahun lalu. Kala itu, Dadi yang masih berusia 12 tahun kerap menemani ayahnya mencari sarang madu lebah liar yang ada di daerah tersebut.

"Saya pernah masuk ke lorong batu, hampir seperti gua. Saya yang saat itu berusia 12 tahun, bisa masuk," kata Dadi Sabtu 23 Juni 2012. Ia lupa berapa lebar dan tinggi lorong tersebut.

Yang jelas, posisinya sejajar dengan teras pertama, sebelah timur. "Saat saya mau masuk lebih jauh, saya keburu dikejar bapak dan ditarik ke luar," kata dia. Oleh warga sekitar, lorong itu dianggap sebagai kawah Gunung Padang.

"Bapak saya lalu menceritakan, ada pantangan masuk ke sana. Konon, di dalamnya ada ruangan berisi harta karun yang dijaga ular," kata dia.

Meski kedengaran tak masuk akal, cerita itu kemudian ditelusuri tim ahli. Dengan campur tangan teknologi, tim memindai dari atas altar pertama, dari permukaan maupun tebing. "Dari hasil geolistrik dan georadar 3D ditemukan 2 pintu masuk dalam lorong. Lorong itu sekarang diupayakan dibuka tim," kata ketua tim, Danny Hilman.  Pemindaian yang dilakukan kemarin dan pukul 14.00 tadi, memperkuat indikasi keberadaan lorong tersebut.

Setelah para geolog bekerja, kini giliran tim arkeolog. "Kami sedang memastikan titik ini untuk membuktikannya. Tapi ada lapukan batuan sehingga kondisinya labil bisa mengakibatkan langit-langit runtuh," kata Ali Akbar, ketua tim arkeolog.

Pantauan VIVAnews, satu orang arkeolog masih bekerja di lokasi. Memakai pacul, kuas, juga membuat kotak-kotak ekskavasi. Tim juga menebas alang-alang yang tumbuh liar melampaui tinggi orang dewasa.

Tim menemukan tangga yang kondisinya rusak. Diduga tangga itu menuju pintu utama bangunan di perut Gunung Padang. Sebab, terdapat mata air seperti sumur yang berada di utara.



© VIVA.co.id
Share :  
Rating
KOMENTAR
oleh2
24/06/2012
sekarang pada bilang wooow,waaah,,,,dulu pada g percaya...sesudah ini pasti ada aja orang yg berkomentar miring,,,,liat saja....
Balas   • Laporkan
saptogundul
24/06/2012
terlambat...!!! harta karun udah di ambil belanda,,kan yg nemu pertama belanda th 1941...
Balas   • Laporkan
rojack
24/06/2012
subhanallah, smoga team bisa menguak misterinya, dan membuka tabir sejarahnya...
Balas   • Laporkan
romeo1
24/06/2012
Smg tim ini sukses menguak untuk bs menggali apa yg sebenarnya ada di Gn Padang ini
Balas   • Laporkan
merinda.suwantika
24/06/2012
waah kok bnr2 kek film National treassure sih :O amazing
Balas   • Laporkan
Klungsu
23/06/2012
wow.....luar biasa......
Balas   • Laporkan


KIRIM KOMENTAR

Anda harus login untuk mengirimkan komentar

 atau 
  
MOMENTUM
  • Info Momentum
Informasi Pemasangan :
Telepon : 021-9126 2125 / Sales
Email : Sales@viva.co.id