Pesan SBY untuk Ekskavasi Gunung Padang

Situs megalitikum Gunung Padang, Cianjur, Jawa Barat
Sumber :
  • Antara/ Agus Bebeng

VIVAnews - Situs megalitikum Gunung Padang di Desa Karyamukti, Kecamatan Cempaka, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, mendapat perhatian khusus dari Presiden Susilo Bambang Yudoyono. Tim peneliti mendapatkan mandat langsung dari Presiden beberapa hari lalu usai presentasi hasil riset Gunung Padang.

“Sejahterakan dulu masyarakat, terutama masyarakat sekitar situs megalitikum Gunung Padang, sebelum dilakukan ekskavasi secara besar-besaran,” kata anggota Tim Perpadu Riset Mandiri Gunung Padang, Erick Rizky, menirukan pesan SBY, di sela-sela pelaksanaan georadar, Jumat 22 Juni 2012.

Kepada VIVAnews, Erick menambahkan, nantinya semua hasil riset akan diserahkan kepada seluruh masyarakat Jawa Barat khususnya Cianjur. Penyerahan ini nantinya akan dilanjutkan dengan rembuk besar para tokoh dan sesepuh Jawa Barat untuk menindak lanjuti hasil penelitian Gunung Padang.

“Presiden dan pemerintah hanya akan memfasilitasi dan mendukung hasil rembuk besar itu. Apakah hanya selesai pada penelitian di luar atau akan dilakukan ekskavasi besar-besaran untuk membuka misteri struktur yang sesungguhnya, itu semua tergantung dari hasil rembuk bersama nanti,” katanya.

Tim Terpadu Riset Mandiri Gunung Padang yang terdiri dari 17 ahli dari berbagai disiplin keilmuan hanya akan bekerja di permukaan saja. Tim tidak akan melakukan penelitian hingga bagian dalam, apa lagi ekskavasi secara besar-besaran, sebelum mandat presiden terlaksana.

“Namun riset yang dilakukan di permukaan bukan berarti sesuatu yang sia-sia. Ini sebuah langkah besar di mana temuan kali ini dan penelitian yang dilakukan oleh anak negeri bisa memberi catatan baru pada ilmu pengetahuan dunia. Ini salah satu sebab Indonesia mendapatkan penghargaan sebagai Ring of Culture dari UNESCO beberapa waktu lalu,” ujarnya.

Erik menambahkan, tim saat ini mempunyai beban baru berupa kewajiban mengembangkan pengetahuan kepada masyarakat terutama yang tinggal di sekitar situs megalitikum Gunung Padang. Ini menjadi bagian penting dari pertumbuhan di sekitar situs.

Ungkapan Airlangga Hartarto Kalau Golkar Bangga Prabowo-Gibran Menang Pilpres 2024
Gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes

Pemain Ini Cocok Gabung Man City, Kata Aguero

Sergio Aguero memberi masukan kepada gelandang Newcastle United, Bruno Guimaraes. Dia memberi saran agar pemain asal Brasil itu pindah ke Manchester City.

img_title
VIVA.co.id
29 Maret 2024