Gerbang Gunung Padang Mulai Diungkap Besok

Gunung Padang, Cianjur
Sumber :
  • VIVAnews/ Muhamad Solihin

VIVAnews - Penelitian terkini terhadap Gunung Padang memperoleh temuan baru. Pintu gerbang situs itu diduga berada di sebelah timur, bukan di sebelah utara seperti yang diyakini selama ini.

"Dugaan ini diperkuat dengan adanya susunan bebatuan yang membentuk tangga memasuki punden berundak," kata Ketua Tim Terpadu Penelitian Mandiri Gunung Padang, Danny Hilman Natawijaya, di Cianjur, Jawa Barat, Jumat 22 Juni 2012.

Menurut Danny, struktur teras yang baru ditemukan ini mengarah ke puncak Gunung Padang. "Terstruktur rapi hingga radius 4,5 kilometer menuju Puncak Gunung Padang," katanya.

Selain teras-teras kecil, Danny menambahkan, tim peneliti juga menemukan anomali baru di sisi timur ini. Temuan itu diperkirakan sebagai gerbang masuk dengan ukurannya 19 meter.

Danny mengatakan, keberadaan gerbang ini akan dibuktikan oleh para arkeolog Sabtu, besok. "Akan mulai melakukan ekskavasi permukaan, di sisi timur ini," tuturnya.

Meski mendapat temuan baru itu, tim peneliti sementara ini masih meyakini situs ini menghadap ke utara. Keyakinan itu didasari asumsi Gunung Padang menjadi bagian dari pusat religi di masanya.

Dari literatur yang ada, menurut Danny, dari puncak Gunung Padang ke arah utara tepat menghadap Gunung Gede Pangrango. Asumsi ini yang masih dipertahankan, bahwa arah punden berundak secara utuh masih menghadap ke utara.

Danny menambahkan, penemuan di lereng timur ini mempertegas kawasan situs megalitik Gunung Padang sebagai situs terbesar di Asia. Namun, ada pendapat lain menyatakan bahwa kebudayaan megalitik ini erat kaitannya dengan Kebudayaan Dongson (500 SM) di Vietnam. (art)

Mudik Pakai Mobil Listrik, Perhatikan Suhu Cuaca dan Ban
Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar, Persiapan Langkah Hukum Paslon AMIN

Cak Imin Dikabarkan Maju Pilgub Jatim, PKB Ingin Fokus di MK Dulu: Tidak Lama Hanya 14 Hari

Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, dikabarkan bakal maju dalam Pilkada Serentak 2024. Ia dikabarkan akan maju pada Pilgub Jawa Timur.

img_title
VIVA.co.id
28 Maret 2024