Sukseskan Pembangunan Pertanian 2012

Temu Teknis Dan Temu Karya Penyuluh Pertanian 2012
Sumber :

VIVAnews -  Guna menyukseskan target surplus beras 10 juta ton beras tahun 2014, para penyuluh pertanian (PPL) dari seluruh Indonesia akan berkumpul melakukan Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluhan 2012 di Metro Lampung, pada 23 – 30 Juni 2012.

Bekerjasama antara Kementerian Pertanian melalui Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian dengan Pemerintah Provinsi Lampung dan Kota Metro ini dipastikan dihadiri oleh ribuan penyuluh dari 33 provinsi. Mereka akan bertemu di Kota Metro Lampung dalam acara akbar tersebut.

Kemnaker Berkomitmen Terus Tingkatkan Kinerja Layanan Publik Balai Besar K3 Jakarta

Tercatat sudah 4.003 penyuluh pertanian akan hadir bahkan jumlah tersebut akan terus bertambah. Dari Provinsi Lampung sendiri rencananya sebanyak 590 orang akan hadir dalam acara skala nasional tersebut.

Agenda ini merupakan acara dua tahunan para penyuluh, dan pertemuan ini merupakan pelaksanaan ketiga setelah sebelumnya yang pertama dilaksanakan pada tahun 2006 di Guci, Tegal, Jawa Tengah dan yang kedua pada tahun 2008 di Cibodas, Bogor, Jawa Barat.

Menurut Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian Momon Rusmono, salah satu terobosan untuk mendukung peningkatan produksi padi maka Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Pertanian melakukan penguatan sumberdaya manusia, khususnya para Penyuluh Pertanian.

Suzuki Siap Jual Motor Listrik Murah dengan Desain Retro, Intip Bocorannya

Kinerja Penyuluh Pertanian saat ini mulai menunjukkan kemajuan yang nyata bila dibandingkan dengan kondisi awal era otonomi daerah, yaitu sejak disyahkannya Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2006 tentang Sistem Penyuluhan Pertanian, Perikanan, dan Kehutanan, lanjut Momon.

“Dewasa ini Penyuluh Pertanian telah siap bangkit kembali dengan tekad kerja keras untuk mendampingi pelaku utama dalam melaksanakan program utama pembangunan pertanian seperti Program Peningkatan Produksi Beras Nasional (P2BN),”jelasnya.

Positif Narkoba, Istri Bintang Emon: Gak Nyangka Dijebak Suami Sendiri

Untuk meningkatkan kinerja penyuluh pertanian maka diperlukan berbagai aspek, di antaranya dukungan informasi teknologi tepat guna, bimbingan dalam melakukan pendampingan yang efektif dan efisien, pembinaan mental serta pengorganisasian di dalam melaksanakan tugas sebagai Penyuluh Pertanian.

“Salah satu wadah untuk meningkatkan motivasi, pengetahuan dan keterampilan serta sikap Penyuluh Pertanian antara lain dilakukan melalui penyelenggaraan Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluh Pertanian yang dikemas dalam bentuk Jambore,“ujar Momon.

Adapaun tujuan dari jambore tersebut adalah:
1.    Meningkatkan wawasan dan pemahaman penyuluh, petani, peneliti dan pemangku kepentingan lainnya tentang program empat sukses pembangunan pertanian;
2.    Meningkatkan koordinasi antara penyuluh, petani, peneliti, dan pemangku kepentingan lainnya;
3.    Meningkatkan kreativitas penyuluh dalam penerapan dan pengembangan penyuluhan pertanian;
4.    Meningkatkan motivasi, kinerja dan profesionalisme Penyuluh Pertanian.

Selain Kepala Pusat Penyuluhan Pertanian hadir pula pada acara tersebut yaitu Wakil Gubernur Lampung dan Walikota Metro. Direncanakan Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluh Pertanian akan dibuka secara resmi oleh Wakil Menteri Pertanian RI pada Kamis tanggal 28 Juni 2012 di Panggung Utama Lapangan Mulyo Jati, Kota Metro, Lampung.

Acara akan dilanjutkan dengan rangkaian beberapa kegiatan yaitu,  Temu Karya/Festival Karya Penyuluh Pertanian, Seminar dan Sosialisasi Kebijakan Pembangunan Pertanian, Pameran dan Promosi Pembangunan Pertanian, dan Karya Wisata dan Kegiatan pendukung lainnya.

Akhir dari seluruh rangkaian kegiatan Temu Teknis dan Temu Karya Penyuluh Pertanian 2012 ditandai dengan Acara Puncak yang dilanjutkan dengan Dialog Interaktif bersama Menteri Koordinator Perekenomian, Menteri Pertanian, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Ketua Komisi IV-DPR RI dan Gubernur Lampung pada hari Sabtu tanggal 30 Juni 2012. (WEBTORIAL)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya